Soros Jadi Pemegang Saham Klub Setan Merah

Miliarder George Soros (kanan).
Sumber :
  • REUTERS/Myrna Suarez

VIVAnews - Salah satu miliarder dunia, George Soros, mempertaruhkan uangnya dengan membeli saham klub sepakbola Inggris, Mancehster United.

Dikutip dari laman forbes, Selasa, 21 Agustus 2012, Soros diketahui membeli 7,85 persen atau sebanyak 3,1 juta lembar saham seri A.

Miliarder ini membeli saham Kub Setan Merah lewat perusahaan investasinya, Soros fund Management dan akan menyimpannya di Quantum Fund.

Walau memiliki catatan mengesankan di lapangan hijau, kinerja MU di bursa saham justru ambruk dengan turunnya harga saham sejak pencatatan perdana di bursa saham New York.

MU sebelumnya melepas sebanyak 16,6 juta saham seri A pada harga US$14 per lembar. Lewat aksinya ini, MU meraup dana segar sebanyak US$233 juta.

Langkah Soros membeli saham MU cukup mengejutkan. Alasannya, pemegang saham MU tak akan memperoleh dividen dan tak memiliki hak suara.

Forbes mencatat, MU termasuk salah satu tim sepakbola termahal di dunia dengan nilai mencapai US$2,23 miliar. Sayangnya, aksi IPO yang dilakukan MU dianggap hanya akan menguntungkan pemegang saham dibandingkan tim.

Terjunnya Soros menjadi pemegang saham MU mungkin mengejutkan segelintir orang. Namun Soros menjadi sangat terkenal karena selalu mengikuti instingnya. Pada 1992, Soros menginvestasikan lebih dari US$1 miliar untuk membeli mata uang poundsterling. Setahun kemudian, Soros juga membuat langkah tak biasa dengan menginvestasikan uangnya dalam bentuk emas di tengah bubble yang menghantui dunia. (umi)

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Terminal 2 Bandara Soetta

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Kementerian Perhubungan, mendapatkan fakta terkait dengan pergerakan penumpang dalam periode angkutan mudik Lebaran 2024. Pemudik menumpuk di H-4, H-3 lebaran Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024