10 Bank Paling Aman di Seluruh Dunia

Bank HSBC
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Krisis moneter yang menimpa Eropa berdampak pada peringkat utang bank yang ikut anjlok. Hal ini membuat keamanan jangka panjang sebuah bank dipertanyakan dan menimbulkan kekawatiran di masyarakat terkait keamanan dana yang dititipkan dalam bank.

Laman CNBC menyusun daftar bank yang aman bagi nasabah dengan membandingkan peringkat utang yang dikeluarkan Moody's, Standard & Poor's dan Fitch serta menganalisis total aset 500 bank terbesar di dunia.

Kementerian Perdagangan dan Penegak Hukum Diminta Lebih Tegas Tangani Peredaran Oli Palsu

Laporan ini disusun berdasarkan hasil analisa dari Global Finance yang mengkompilasikan 50 bank teraman di dunia.

Berikut 10 bank paling aman di dunia yang disusun berdasarkan masing-masing negara:

Waktu Idel untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

10. Inggris

Bank Teraman: HSBC
Peringkat Global Finance: 23

Salah satu negara dengan sistem perbankan terbesar di dunia, Inggris, hanya menyumbangkan dua nama dalam daftar Global FInance. HSBC memiliki 6.900 kantor cabang di negara berkembang dan 60 juta nasabah. Pendapatan perusahaan dari pasar di luar Inggris tercatat lebih dari setengahnya.

Saat ini HSBC mencatatkan saham di bursa saham New York dengan peringkat surat utang Aa3 dari Moody's dan AA dari Fitch.

9. Selandia Baru

Bank Teraman: Kiwibank
Peringkat Global Finance: 22

Kiwibank merupakan salah satu pendatang baru dalam daftar bank paling aman di dunia versi Global Finance. Kenaikan aset yang signifikan membuatnya menarik perhatian para pelaku keuangan.

Berdiri tahun 2002, pangsa pasar Kiwibank di kawasan Selandia Baru mencapai 3,7 persen dengan nasabah sebanyak 800 ribu orang. Peringkat Kiwibank dalam daftar Standard&Poor's adalah AA sedangkan Moody's memberikan peringkat AA3

8. Australia

Bank teraman: National Australi Bank Limited
Peringkat Global Finance: 18

Empat bank terbesar Australia masuk dalam daftar Global Finance dengan peringkat 18 hingga 21.

National Australia Bank, salah satu bank besar Australia, memiliki aset terbesar ketiga sevesar US$510 miliar. Bank ini memiliki daerah operasi di Australia, Selandia, Asia, Inggris, dan Amerika Serikat

7. Singapura

Bank Teraman: DBS Bank
Peringkat Global Finance: 13

Bank paling aman di Singapura pada tahun ini dipegang oleh DBS Bank. Bank yang berencana mencaplok Bank Danamon ini juga merupakan bank terbaik dalam daftar Global Finance. Selama tiga tahun berturut-turut, DBS menjadi bank paling aman di Asia.

Bank besar lain yang masuk dalam daftar kali ini adalah Chines Banking dan United Overseas Bank yang berada di posisi 13 dan 14.

DBS saat ini beroperasi di 15 pasar Asia dan memiliki lebih dari 200 kantor cabang di 50 kota. Pasar utama DBS adalah Singapura dan Hong Kong yang berkontribusi pada pendapatan perusahaan hingga 80 persen.

6. Kanada

Bank Teraman: TD Bank Group
Peringkat Global Finance: 11

Kanada memiliki 7 bank, atau terbanyak, dalam daftar 50 bank teraman versi Global Finance. Tahun ini, TD Bank Group menjadi bank paling aman di Kanada dan menguntit di belakangnya adalah Bank of Nova Scotia.

Dengan jumlah nasabah mencapai 22 juta di seluruh dunia, TD Bank memiliki aset 773 miliar dolar Kanada atau US$779 miliar. TD Bank juga tercatat sebagai lembaga keuangan dengan layanan obline terbaik dengan jumlah pengguna mencapai 8 juta orang. TD Bank masuk dalam kategori Tier 1 rasio kapital sebesar 12 persen.

(bersambung)

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

(ren)

Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Cara Presiden Jokowi yang bagi-bagi bansos dekat spanduk pasangan 02 Prabowo-Gibran di Serang, Banten dipersoalkan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024