10 Bank Paling Aman di Seluruh Dunia (II)

Piyush Gupta, CEO Bank DBS
Sumber :
  • REUTERS/Vivek Prakash

VIVAnews - Krisis moneter yang menimpa Eropa berdampak pada peringkat utang bank yang ikut anjlok. Hal ini membuat keamanan jangka panjang sebuah bank dipertanyakan dan menimbulkan kekawatiran di masyarakat terkait keamanan dana yang dititipkan dalam bank.

Laman CNBC menyusun daftar bank yang aman bagi nasabah dengan membandingkan peringkat utang yang dikeluarkan Moody's, Standard & Poor's dan Fitch serta menganalisis total aset 500 bank terbesar di dunia.

Laporan ini disusun berdasarkan hasil analisa dari Global Finance yang mengkompilasikan 50 bank teraman di dunia.

Berikut 10 bank paling aman di dunia yang disusun berdasarkan masing-masing negara: (Untuk melihat 5 bank teraman di kawasan lain, klik )

5. Luxemburg
Bank teraman: Banque et Caisse d’Épargne de l’État
Peringkat Global Finance: 9

Banque et Caisse d’Épargne de l’État merupakan bank terbaik Luxemburg yang berhasil menembus peringkat 500 bank terbaik versi Global Finance. Uniknya, walaupun dimiliki oleh pemerintah Luxemburg, bank ini menyajikan semua fungsi bank komersial, termasuk layanan ritel dan layanan bank pribadi. Per 2011, Bank ini memiliki aset sebesar US$49 miliar.

4. Prancis
Bank teraman: Caisse des Dépôts et Consignations(CDC)
Peringkat Global Finance: 6

Ternyata bukan BNP Paribas bank yang paling aman di Perancis melainkan CDC. CDC merupakan institusi keuangan publik yang wajib menyalurkan pinjaman kepada publik atas nama pemerintah pusat dan daerah Perancis.

CDC masih dalam pengawasan pemerintah sehingga membuat bank ini memiliki rating utang AAA dari Moody's dan Fitch. Total aset CDC saat ini sebesar US$323,6 miliar per 2011.

3. Swiss
Bank Teraman: Zürcher Kantonalbank
Peringkat Global Finance: 3

Satu-satunya bank asal Swiss yang masuk dalam peringkat Global Finance 2012. Zürcher Kantonalbank dimiliki oleh pemerintah Zurich dan memiliki kewajiban penuh untuk melayani publik. Sama seperti KfW, seluruh kewajiban bank ditanggung oleh pemerintah daerah.

Zürcher Kantonalbank memiliki aset sebesat US$138 miliar dan memiliki peringkat utang AAA dari Moody's, S&P dan Fitch.

2. Belanda
Bank teraman: Bank Nederlandse Gemeenten
Peringkat Global Finance: 2

Bank Nederlandse Gemeenten (BNG) merupakan satu dari tiga bank terbaik belanda yang sahamnya 50 persen dimiliki oleh pemerintah Belanda dan 50 persen lagi dimiliki oleh berbagai pemerintah kota.

Aset BNG saat ini mencapai 136 miliar Euro atau setara dengan US$168 miliar). BNG juga memiliki peringkat utang AAA oleh Fitch, S&P dan Moody's.

1. Jerman
Bank teraman: KfW
Peringkat Global Finance: 1

Bank-bank yang berasal dari Jerman terkenal dengan keamanan yang tinggi, namun KfW yang dimiliki oleh Republik Federal Jerman dan negara-negara federal sehingga KfW diwajibkan untuk melayani publik.

Pemerintah Jerman menjamin seluruh obligasi yang diterbitkan oleh Bank, termasuk surat utang, option, dan pinjaman pihak ketiga. Hal ini membuat kinerja Bank meningkat pesat dan menaikkan aset Bank sebesar 22,6 miliar Euro menjadi 516,5 juta Euro (setara US$637,5 miliar) per Juni 2012. KfW memiliki peringkat utang AAA dari Moody's. S&P dan Fitch.

Ban Hankook untuk Mobil Listrik Diuji Ekstrem, Ini Hasilnya

(ren)

Abah Anton saat daftar di PKB Kota Malang diantar para ulama dan simpatisan

Abah Anton Ngaku Tak Kapok Maju Pilkada Kota Malang: Ulama Milih Kita untuk Lakukan Perubahan

Mochamad Anton alias Abah Anton yang merupakan eks Wali Kota Malang periode 2013-2018. Ia pernah jadi terpidana korupsi yang ditangani KPK.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024