BISNIS

Para Miliarder Pemilik Pulau Pribadi Termahal

Tak puas dengan 'mainan' mahal, para miliarder ini membeli pulau.

ddd
Kamis, 23 Agustus 2012, 05:53
Pantai Papakolea Hawaii
Pantai Papakolea Hawaii  

VIVAnews -  Uang banyak, banyak juga yang bisa dibeli. Termasuk pulau. Dan bagi sejumlah miliarder dunia, membeli pulau bukan saja bisa mendongkrak gengsi, tapi juga bisa menghasilkan uang. Jadi lahan bisnis baru. Dan itulah yang dilakukan pewaris raksasa bisnis kosmetik L'Oreal, Liliane Bettencourt. 

Liliane berhasil membuat catatan dengan menjual pulau pribadi, Seychelles, dengan nilai US$60 juta. Belum lama ini, miliarder pemilik Oracle, Larry Ellison juga telah membeli sebuah pulau terbesar keenam di Hawaii, AS, senilai setengah miliar dolar AS.

Dikutip dari laman CNBC, berikut adalah delapan miliarder dunia yang memiliki pulau pribadi di sejumlah negara di dunia.  Siapakah pemilik pulau pribadi paling mahal dan terluas diantara mereka?

8. Lanai, Hawaii

Larry Ellison

Pemilik: Larry Ellison
Nilai pembelian: US$500 juta-600 juta

Penguasa bisnis teknologi, Larry Ellison, membeli pulau terbesar keenam di Hawaii ini dengan porsi kepemilikan saham sebesar 98 persen.

Ellison yang merupakan orang terkaya ketiga AS atau keenam dunia, membeli Pulau Lanai dari pemilik lama David Murdock pada Juni lalu. Pulau seluas 37295 hektare ini terkenal dengan perkebunan nanas dan rumah bagi 3.000 warga.

Biasanya Pulau Lanai didatangi oleh turis untuk menikmati keindahan dua resort Four Seasen, lapangan golf, dan vila mewah. Kini semuanya dimiliki oleh Larry dan sebagian menjadi milik pemerintah dan warga setempat.

7. Necker Island, British Virgin Island

Richard Branson, pemilik Virgin Group

Pemilik: Richard Branson
Nilai: US$100 juta

Bos kelompok bisnis Virgin Group's, Richard Branson membeli Pulau Necker di British Virgin Islands, senilai 180 ribu poundsterling pada 1978. Saat ini, pulau pribadi itu diperkirakan bernilai US$100 juta.

Miliarder flamboyan ini telah mengubah pulau seluas 29,9 hektare ini menjadi kawasan mewah pada 1984. Dengan mengusung konsep Bali, pulau tersebut kini dikelola oleh sekitar 60 pegawai khusus. Resort ini mampu memberikan akomodasi bagi 28 orang dengan biaya sewa US$35 ribu per kamar per pekan.

Jika anda ingin menyewa seluruh pulau ini, setidaknya uang senilai US$50 ribu per malam harus disiapkan. Pulau ini juga memiliki 200 burung flamingo dan pengunjung bisa menikmati wisata bawah laut seharga US$2.500 per orang.

6. St Philips Island, South Carolina, AS

Ted Turner

Pemilik: Ted Turner
Nilai pembelian: US$2 juta

Pengusaha media, Ted Turner memiliki salah satu pulau pribadi terluas di AS, St Philips Island, South Carolina, pada 1979. Pulau ini dibeli setahun sebelum dia meluncurkan stasiun berita, CNN.

Pulau seluas 2.230 hektare yang dipenuhi rawa dan hutan ini dinilai cocok dengan karakter Turner yang dikenal membeli kawasan dan mengubahnya menjadi hutan alam.

Sayangnya, Turner harus menghadapi tuntutan hukum karena pulau yang dimilikinya sering digunakan untuk pengungsi dari kelompok Afro-Amerika. Beruntung tuntutan itu dihentikan pada 2002 setelah Turner menyumbang 27,5 hektare wilayahnya untuk kelompok tersebut.

Kini, St Philips masih berstatus pulau pribadi dan dikelola oleh sejumlah pengurus.

5. Brecqhou, Inggris


Pemilik: David dan Frederick Barclay
Nilai pembelian: US$4,3 juta

Miliarder kembar, David dan Frederick Barclay membeli sebuah pulau bernama Brechqhue di kawasan English Channel Islands pada tahun 1993 seharga US$4,3 juta.

Pemilik bisnis media The Daily Telegraph dan Ritz Hotel ini mengubah pulau seluas 32 hektare itu dengan membuat taman, perkebunan anggur, pub, dan desa dengan sebuah kapel diatasnya. Kedua kakak beradik ini juga membangun sebuah istana dengan fasilitas helipad.

(Bersambung)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id