Bursa Jamin Transaksi Hari Ini Kembali Normal

Lantai bursa.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia optimistis perdagangan saham pada hari ini, Selasa 28 Agustus 2012 akan kembali berjalan normal. Koneksi sistem Remote Trading utama di BEI kemarin sempat bermasalah, sehingga perdagangan dilakukan melalui sistem Disaster Recovery Center (DRC).

Sekretaris Perusahaan BEI, Irmawati Amran, mengatakan, pada transaksi Senin 27 Agustus 2012, pembukaan sesi pertama molor hingga pukul 10.00 waktu Jakarta Automated Trading System (JATS)-NextG. "Upaya ini dilakukan karena BEI memberi waktu kepada seluruh Anggota Bursa (AB) untuk melakukan koneksi ke DRC," kata Irmawati dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Dia menjelaskan, perdagangan sesi pertama berjalan normal, namun terjadi masalah pada sistem distribusi data harga saham melalui data vendor. Kondisi itu menyebabkan sebagian pelaku pasar yang memperoleh informasi dari Data Vendor tidak dapat memperoleh informasi harga saham guna bertransaksi secara efektif.

"Oleh karena itu, BEI memutuskan untuk mengakhiri transaksi sesi pertama pukul 11.30 waktu JATS-NextG, atau 30 menit lebih awal," tuturnya.

Selanjutnya, dia menjelaskan, perdagangan sesi kedua kembali berjalan normal dan dibuka pukul 13.30 waktu JATS-NextG. Saat itu, BEI mampu menyelesaikan permasalahan pada sistem distribusi data harga saham untuk Data Vendor.

"Kami dan pihak terkait telah melakukan investigasi terhadap permasalahan pada sistem Remote Trading utama, dan menemukan akar permasalahan secara pasti," katanya.

Irmawati mengatakan, untuk menyediakan waktu yang cukup bagi uji coba solusi dari permasalahan Remote Trading utama melalui mock trading, BEI menghentikan perdagangan sesi kedua lebih awal, yaitu pada pukul 15.30 waktu JATS-NextG. "Ini juga 30 menit lebih awal dari penutupan normal," ujarnya.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen
Sosialisasi Regulasi Pelindungan Kerja Bagi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM)

Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan

Kemnaker mendukung pelaksanaan Inpres Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistisk Nasional (NLE), yang berorientasi pada kerja sama antar instansi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024