BUMN Perkebunan Bangun Rel Kereta di Sumut

Kereta api melintas di pinggir Danau Singkarak, Sumatera Barat
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - PT Perkebunan Nusantara III sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, di Simalungun, Sumatera Utara, akan membangun jalur rel kereta api sepanjang 2,9 kilometer. Rel kereta api yang akan menghubungkan rel utama kereta api eksisting menuju kawasan industri Sei Mangkei ini diperkirakan akan menelan investasi Rp50 miliar.

Direktur Pengembangan PTPN III, Nur Hidayat menjelaskan, pembangunan rel kereta api di Sei Mangkei saat ini tengah menunggu perizinan Dirjen Perkeretapaian Kementerian Perhubungan dan Hak Pengelolaan Lahan (HPL) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN).

"Diharapkan September 2012 mendatang izin dari BPN sudah terbit. Setelah kami mendapatkan status HPL, izin dirjen KA Kemenhub maka kami sudah mulai ground breaking," kata Nur Hidayat di sela-sela acara International Infrastructure Conference and Exhibition 2012, Jakarta, Selasa 28 Agustus 2012.

Hidayat menjelaskan, saat ini perseroan baru mengantongi izin dari Bupati Simalungun. Untuk membangun rel kerta api sepanjang 2,9 kilometer, investasi yang dibutuhkan mencapai Rp50 miliar dan semuanya akan menggunakan dana internal.

Direktur Utama PTPN III, Megananda Daryono, menambahkan pembangunan jalur kereta api baru ini akan meningkatkan efisiensi waktu pengiriman hasil produksi ke pelabuhan Kuala Tanjung. Jalur kereta api ini akan terkoneksi dengan jalur kereta api bandara-pelabuhan Kuala tanjung sepanjang 18,5 kilometer yang sedang dibangun oleh PT Kereta Api Indonesia.

"Nantinya hasil produksi kawasan Sei Mangkei ini dikirim melalui pelabuhan Kuala Tanjung. Jika dibandingkan dengan jalur darat, menggunakan kereta api selain hemat biaya, hasil produksi lebih cepat diterima klien," kata mantan Deputi Industri Primer Kementerian BUMN ini.

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?
Mazda EZ-6

Mazda Hadirkan 2 Mobil Keren di Auto China 2024

Changan Mazda Automobile Corporation Ltd yang merupakan perusahaan patungan antara Mazda Motor Corporation dan Chongqing Changan Automobile, meramaikan pameran Auto China

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024