Kalah dari Malaysia, Daya Saing RI Melorot Lagi

Para peserta Forum Ekonomi Dunia 2012 di Davos Swiss
Sumber :
  • REUTERS/Christian Hartmann/Files

VIVAnews - Peringkat daya saing Indonesia kembali melorot dalam peta persaingan negara-negara di dunia. Global Competitiveness Index (GCI) 2012-2013 yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF) menempatkan Indonesia pada posisi 50 dari 144 negara di dunia.

Peringkat Indonesia kali ini turun 4 tingkat dibanding setahun sebelumnya yang masih berada di posisi 46 dunia.

Indonesia makin jauh tertinggal dari negara tetangganya yang umumnya berada di peringkat lebih tinggi. Malaysia berada di posisi 25, bahkan Singapura di posisi kedua dunia.

"GCI menunjukkan tren jangka panjang yang membentuk tingkat daya saing dalam perekonomian global," kata Profesor Ekonomi dari Colombia University, AS, Xavier Sala-i-Martin dalam laporan Global Competitiveness Index 2012-2013, Rabu, 5 September 2012. 

Selain Malaysia dan Singapura, peringkat daya saing Indonesia juga masih kalah dibandingkan Thailand yang berada di posisi 38 dan Brunei Darussalam di peringkat 28 dunia.

Untuk kawasan Asia Tenggara, Indonesia hanya unggul dari Filipina yang menempati posisi 65 dunia.

WEF menjelaskan, peringkat daya saing sebuah negara menunjukkan indikator dari produktivitas sebuah negara dilihat dari perangkat institusi, kebijakan, dan berbagai faktor pendukung lainnya.

Setidaknya 12 faktor daya saing dinilai WEF mulai dari institusi, infrastruktur, kondisi makro ekonomi, pendidikan dasar dan kesehatan, pendidikan tinggi, efisiensi pasar barang, efisiensi pasar tenaga kerja, perkembangkan pasar keuangan, kesiapan teknologi, dan skala pasar. Dua faktor lain dinilai dari kepuasan bisnis dan inovasi.

Pada tahun ini, sejumlah negara yang tergabung dalam kelompok BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) menunjukkan kinerja yang berlainan. Walaupun China mengalami penurunan peringkat ke posisi 29 dunia, anggota lain seperti Brasil justru naik.

Pada laporan kali ini, WEF masih menempatkan Swiss sebagai negara dengan daya saing terbaik di dunia. Peringkat ini sudah digenggamnya sejak empat tahun terakhir. Sementara itu, peringkat kedua diisi oleh Singapura dan menguntit di bawahnya Finlandia yang sebelumnya berada di posisi empat. (art)

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024