Ekspansi ke Malaysia, Lion Air Incar Pasar Asia

Penandatanganan kerjasama antara Lion Air dengan NADI
Sumber :
  • REUTERS/ Bazuki Muhammad

VIVAnews - Pengamat penerbangan, Dudi Sudibyo, menilai langkah maskapai penerbangan murah Indonesia, Lion Air, berekspansi ke Malaysia dengan membentuk Malindo Airways merupakan kebijakan strategis guna merebut pangsa pasar penerbangan murah di kawasan Asia Tenggara.

"Ekspansi Lion Air ke Malaysia merupakan jawaban industri penerbangan Indonesia kepada negeri tetangga kita itu," kata Dudi saat dihubungi VIVAnews, Rabu 12 September 2012.

Ia menjelaskan, dari 600 juta penumpang di Asia Tenggara, sekitar 50 persennya berada di Indonesia. Untuk itu, layak jika ada maskapai asal Indonesia berekspansi ke luar negeri.

AirAsia dan Lion Air merupakan dua maskapai penerbangan murah paling menonjol di kawasan Asia Tenggara. AirAsia telah lebih dulu berekspansi ke Indonesia. Seperti tidak mau kalah, Lion Air juga melakukan .

"Ini merupakan rencana lama Pak Rusdi (CEO Lion Air), jauh sebelum
membentuk Malindo Airways. Beliau sudah punya rencana untuk membuat Langkawi Air, namun tidak pernah terwujud dan sekarang akhirnya terealisasi," katanya.

Ia melihat, langkah Lion Air di Malaysia bukan hanya ingin menjadi maskapai kelas bawah di Malaysia, namun lebih luas lagi sebagai maskapai penerbangan murah di kawasan regional. Dengan membentuk Malindo Airways di Malaysia, langkah Lion Air di kawasan Asia Tenggara akan lebih mudah.

"Yang jelas, dari Malaysia bisa ke mana-mana. Yang diincar itu pasar Asia dan regional. Misalnya, nanti ada penerbangan dari Malaysia ke Filipina menggunakan Lion Air dan bahkan Manado-Jepang," katanya.

Jasad Nenek dan Cucu Korban Longsor di Bandung Barat Ditemukan Saling Berpelukan
Nyamuk bionik Wolbachia

Nyamuk Wolbachia Melawan DBD! Menkes Ungkap 5 Wilayah di Jawa yang Sudah Terbebas

 Implementasi teknologi nyamuk wolbachia  merupakan salah satu cara untuk menghambat perkembangan virus dengue penyebab kasus demam berdarah atau DBD.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024