FOTO: Ekspansi ke Malaysia, Lion Air Tantang AirAsia

Pesawat Lion Air melakukan lepas landas
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Maskapai nasional, Lion Air, bakal menjajal persaingan bisnis penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) di Malaysia. Lewat bendera Malindo Airways, Lion Air akan menantang dominasi penguasa bisnis LCC Malaysia, AirAsia Bhd.

Malindo Airways adalah perusahaan patungan yang didirikan hasil kerja sama National Aerospace and Defense Industries (NADI) dan Lion Air. Komposisi kepemilikan saham Malindo Airways adalah NADI sebesar 51 persen dan Lion Air 49 persen.

Pertumbuhan kalangan kelas menengah di Asia Tenggara yang membutuhkan pesawat murah menjadi salah satu pertimbangan Lion Air masuk dalam bisnis LCC di Malaysia.

"Malindo mengambil langkah tepat menangkap peluang pangsa pasar penerbangan murah yang tengah berkembang," kata Perdana Menteri Malaysia, Nazib Razak, yang menyaksikan penandatangan kerja sama itu seperti dikutip laman Reuters, Selasa, 11 September 2012.

Untuk melihat penandatanganan kerja sama itu, silakan lihat fotonya pada .

Rencananya, Malindo Airways mulai melayani penerbangan dengan rute sejumlah daerah di Indonesia dan Malaysia pada Mei tahun depan.

Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana, mengatakan, perusahaan bakal mempersiapkan 12 armada Boeing 727 dan akan bertambah menjadi 100 unit dalam satu dekade mendatang.

Langkah besar Lion Air memasuki pasar Malaysia seolah memanaskan persaingan di antara kedua maskapai penerbangan murah tersebut. Keduanya berupaya menggaet pangsa pasar Asia Tenggara yang memang tengah bertumbuh seiring pendapatan masyarakat yang meningkat.

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem
Jollof Rice

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tak hanya di Indonesia yang punya menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga punya menu unik untuk buka puasa

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024