BISNIS

Rusdi Kirana, Tokoh di Balik Sukses Lion Air

Rusdi mengaku mendirikan perusahaan hanya berbekal kepercayaan.
Rabu, 12 September 2012
Oleh : Hadi Suprapto
CEO Lion Air, Rusdi Kirana saat menghadiri acara Singapore Airshow di Singapura, 15 Februari 2012.

VIVAnews -  Lion Air terus menggebrak pasar penerbangan rendah biaya. Kali ini, dia resmi mendirikan Malindo Airways, maskapai yang bakal jadi lawan AirAsia di Asia Tenggara.

Ratusan pesawat pun telah dipesan. Bahkan pembelian terbesar pada November tahun lalu didampingi Presiden Barack Obama saat berkunjung ke Bali.

Sukses Lion Air ini tak bisa lepas dari sosok Rusdi Kirana, salah satu pemilik sekaligus presiden direktur Lion Air. Pria kelahiran 17 Agustus 1963 ini mampu menepis segala keraguan dengan menjadikan Lion Air sebagai salah satu armada besar saat ini.

Dalam sebuah wawancara, Rusdi mengaku saat mendirikan perusahaan hanya berbekal kepercayaan. Rusdi dan kakaknya, Kusnan Kirana, awalnya hanya memiliki perusahaan penjualan tiket Lion Tours.

Dengan bekal pengalaman menjual tiket inilah, dua bersaudara ini menyewa satu pesawat Boeing 737-200, setelah mendapatkan izin penerbangan pada Oktober 1999. "Dari mana saya punya uang? Ini karena kepercayaan," katanya.

Keyakinan itulah yang mengantarkan Kirana bersaudara bisa menerbangkan Lion Air pada 30 Juni 2000.

Rusdi mengambil pasar yang saat itu belum tergarap: penerbangan rendah biaya. Pada 1990-an, harga tiket pesawat sangat mahal, sehingga hanya orang-orang kaya saja yang bisa terbang. Namun, setelah ada Lion Air, zaman berubah. Harga pesawat tiket pun menjadi semakin terjangkau.

Maraknya penerbangan murah di Indonesia ini tak lepas dari Lion Air. Dengan slogan "We make people fly", Lion mampu menyedot banyak penumpang kelas bawah. Dengan sendirinya, Lion telah mematahkan anggapan maskapai rendah biaya sulit hidup di Indonesia.

Kini Rusdi dan kakaknya sudah masuk dalam daftar orang kaya Indonesia dalam Forbes Asia. Hingga 2010, ia memiliki kekayaan US$580 juta atau sekitar Rp5,5 triliun. (eh)

 

TERKAIT
TERPOPULER