Hari Pencoblosan, Bursa Saham dan BI Tetap Beroperasi

Lantai Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Meski Menteri Dalam Negeri menetapkan hari pemungutan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta sebagai hari libur di Provinsi DKI Jakarta, aktivitas perdagangan saham akan berjalan normal. Selain PT Bursa Efek Indonesia, transaksi perbankan dan Bank Indonesia juga tetap beroperasi.

"Kegiatan perdagangan, kliring, dan penyelesaian transaksi bursa pada Kamis 20 September 2012 tetap berlangsung," kata Direktur Utama BEI, Ito Warsito, dalam keterangan tertulis, Rabu 19 September 2012.

Menurut Ito, pengumuman BEI itu merujuk kalender libur bursa 2012 yang sudah ditetapkan pada 26 Agustus 2011. Pada kalender tersebut, selama September tidak terdapat hari libur bursa.

Sementara itu, BI dalam pengumuman resminya mengatakan, terkait pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta putaran kedua, Bank Indonesia tetap beroperasi seperti biasa. BI akan tetap mendukung kegiatan perekonomian, termasuk di saat pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta pada 20 September 2012.

Beroperasinya Bank Indonesia pada saat pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua itu tidak terlepas dari posisi kantor pusat BI di Jakarta sebagai hub atau sentral bagi operasi Bank Indonesia-Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKN-BI).

Walaupun beroperasi normal, Bank Indonesia tetap memberikan kesempatan kepada pegawai untuk menggunakan hak pilihnya, dengan pengaturan waktu yang ditetapkan secara internal. (eh)

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan
Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Pengakuan Shin Tae-yong usai Ernando Ari berhasil menggagalkan tendangan penalti Australia dan jadi pahlawan kemenangan skuad Garuda Muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024