Hutama Karya Bawa Proyek Kereta Layang ke Jokowi

Proyek Kereta Layang HK
Sumber :
  • Hutama Karya

VIVAnews - Terpilihnya Joko Widodo sebagai gubernur DKI Jakarta yang baru, membuka harapan bagi PT Hutama Karya untuk melanjutkan proyek kereta layang Bekasi-Slipi. Hutama Karya sedang menyempurnakan konsep kereta layang agar nilai investasi bisa ditekan, sehingga proyek tersebut menjadi lebih ekonomis.

"Kereta layang ini lanjut, harus lanjut, karena ini untuk kepentingan publik. Apalagi, gubernur yang baru ini katanya peduli dengan kepentingan publik," kata Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Ari Widiyantoro, di Jakarta, Jumat 21 September 2012.

Menurut Ari, manajemen tengah mengkaji lebih mendalam proyek kereta layang ini dengan berbagai alternatif solusi, agar proyek ini bisa lebih murah. Namun, ia menginginkan adanya insentif dari pemerintah daerah agar harga tiket kereta layang bisa lebih murah.

Salah satu alternatif yang dibicarakan adalah kombinasi pembangunan kereta layang dengan jalan tol dan dijadikan double decker agar pembangunan lebih murah. "Namun, pasti harus ada subsidi agar lebih ekonomis," katanya.

Kajian terbaru dari Hutama Karya ini diharapkan selesai pada akhir 2012.

Sebelumnya, Hutama Karya harus gigit jari, karena Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, menyatakan ketidaksetujuannya dengan proyek kereta layang Bekasi-Slipi. Namun, Dahlan juga tidak melarang jika Hutama Karya ingin melanjutkan proyek ini dan mengajukan proposal kepada Gubernur DKI Jakarta yang baru, Joko Widodo.

Seperti diketahui, ide proyek kereta layang Hutama Karya ini akan memanfaatkan areal kosong di median tengah jalan tol milik PT Jasa Marga Tbk sepanjang 100 kilometer. Total investasi yang dibutuhkan mencapai Rp30 triliun. 

Dalam rencana pengembangan kereta layang di median jalan tol ini, akan terbagi menjadi lima tahap. Tahap pertama Bekasi-Cawang, tahap kedua Cawang-Semanggi, tahap tiga Bumi Serpong Damai-Taman Anggrek-Semanggi, dan tahap empat Bogor-Cawang. (art)

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil
Hyoyeon Girls Generation saat menggunakan kebaya Bali - Sunber Foto tangkapan layar Instagram @xosone_ss

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai melakukan pemeriksaan terhadap 31 WNA asal Korea Selatan dan 1 WNI dalam pembuatan film reality show' Pick Me Trip in Bali'.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024