Suci Mardiko, Penjual Bubur "Bergaji" Ratusan Juta

Muhamad Suci Mardiko, pemilik waralaba Bubur'Qu
Sumber :
  • VIVAnews/Alfin Tofler

VIVAnews - Muhamad Suci Mardiko mungkin salah satu orang yang bisa melihat kekayaan kuliner Indonesia yang sangat beragam sekaligus anugrah dan peluang bisnis tersendiri bagi masyarakat. Peluang itu semakin besar di tengah budaya masyarakat yang hobi makan.

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Cukup dengan dua alasan tersebut, Suci, pria ini biasa dipanggil, tak gentar memutuskan terjun ke bisnis kuliner setelah lama menjadi pegawai. Bukan makanan dari Barat atau Timur Tengah yang jadi pilihannya. Suci justru memilih bubur ayam sebagai bisnis yang akan dibangunnya.

Pada awalnya, Suci berniat berjualan bakso mengingat jenis makanan ini merupakan jajanan nomor satu di tanah air. Namun, niat itu urung diwujudkan karena persaingan bisnis di jajanan bakso telah tinggi dengan jumlah pemain terlampau banyak.

“Tiba-tiba terpikirkan oleh saya untuk mencoba berjualan bubur,” ujar Suci kepada VIVAnews di Jakarta, Jum’at 21 September 2012.

Suci menganggap, bubur merupakan jenis makanan yang memiliki banyak ragam dan hampir tersedia di semua daerah. Bermodalkan informasi itu, pria ini pun yakin pilihan usahanya ini akan laris karena penjual bubur seolah sudah memiliki pelanggan setia ketika pertama kali dijual, di mana pun lokasinya. 

Tahun 2006, mimpi memiliki bisnis bubur pun segera diwujudkan. Dia membuat tiga gerobak bermodalkan uang Rp12 juta. "Saya memang tidak mau main-main dengan mencoba satu gerobak terlebih dahulu, saya langsung membuat tiga,” ujarnya.

Sejak memulai bisnis pada tahun 2006, usaha bubur Suci mulai berkembang. Sampai pada akhirnya, pria berusia sekitar 35 tahun ini memutuskan membuat waralaba dengan merek Bubur'Qu. Keputusannya ini kembali tepat karena Suci kini memiliki 70 outlet Bubur'Qu di seluruh pulau besar di indonesia, kecuali Papua.

Gus Ipul Sindir PKB Belum Beri Selamat ke Prabowo-Gibran: Apresiasi Pilihan Rakyat Itu Penting

Kendati mewaralabakan bisnis buburnya, Suci tetap memasang harga jual yang tak terlalu mahal dibanding tukang bubur lainnya. Untuk satu porsi bubur, Suci mematok harga Rp7 ribu-8 ribu, bergantung dari jenis buburnya.

Untuk membedakan bisnis buburnya dengan makanan serupa yang sudah beredar selama ini, Suci pun menawarkan berbagai jenis bubur yang ada di tanah air. Saat ini, Bubur'Qu menawarkan jenis Bubur Sukabumi, Bubur Daging, dan Bubur Manado. Dari ketiga jenis makanan bubur itu, perbedaannya terletak pada topping makanan dan kuah buburnya saja.

Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak

Usai mewaralabakan bisnis buburnya ini, kantong Suci pun makin tebal. Saat ini omzet bubur dari tiap cabang yang dikelolanya bisa menghasilkan Rp8 juta-11 juta per bulan.

“Untuk pemasukan pribadi ke saya dari bahan baku, mungkin satu bulannya bisa lebih dari Rp100 juta, karena dari setiap cabangnya minimal berbelanja Rp2-3 juta per dua minggu,” ujarnya.(np)

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul)

Gus Ipul Sarankan PKB Sowan ke Rais Aam dan Ketum PBNU: Minta Nasihat Gitu

Menurut Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, petinggi PKB belum sowan baik sebelum dan pasca Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024