Saham Global dan Asia Kembali Tertekan

Bursa Saham di Tokyo
Sumber :
  • REUTERS/Yuriko Nakao

VIVAnews - Saham-saham di bursa Asia rata-rata jatuh pada awal transaksi Rabu, 26 September 2012, setelah aksi unjuk rasa di Spanyol terkait kekhawatiran tentang kesulitan pembiayaan negara. Sebagian investor kembali fokus pada melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Aksi unjuk rasa itu dipicu oleh langkah-langkah pelonggaran dari bank sentral utama yang mulai memudar.

Indeks saham MSCI Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,5 persen. Sementara itu, saham-saham di Australia juga melemah 0,2 persen dan di Korea Selatan tergelincir 0,9 persen. Indeks Nikkei di bursa Tokyo juga dibuka jatuh 1,7 persen

Kejatuhan harga saham pada transaksi pagi ini mengikuti kondisi serupa di pasar global dan pelemahan euro mendekati level terendah dalam dua pekan terakhir di kisaran US$1,2886 pada Selasa.

Kenichi Hirano, operating officer di Tachibana Securities, Tokyo, seperti dikutip Reuters mengatakan, beberapa investor bisa membeli efek untuk window dressing menjelang akhir tengah tahun fiskal.

"Penurunan lebih lanjut saham-saham di bursa Jepang bisa menyulut spekulasi tentang pelemahan yen dan intervensi oleh otoritas bank sentral Jepang," kata Kenichi.

Sementara itu, di bursa AS, indeks S&P 500 mengalami hari terburuk sejak Juni pada transaksi Selasa, setelah anjloknya harga saham Caterpillar Inc. Produsen alat berat itu memangkas prospek keuntungan perusahaan.

Saham-saham sektor teknologi juga berada di bawah tekanan setelah pelemahan hari kedua untuk saham Apple Inc. Harga saham pembuat iPhone itu turun 2,5 persen menjadi US$673,54.

Saham Caterpillar memiliki bobot terbesar pada indeks Dow dan kemarin berakhir turun 4,2 persen pada US$87,01. Level ini merupakan persentase penurunan saham harian sejak Mei.

Indeks Dow Jones industrial average turun 101,37 poin atau 0,75 persen di level 13.457,55. Indeks Standard & Poor 500 juga melemah 15,30 poin, atau 1,05 persen menjadi 1.441,59. Sementara itu, indeks Nasdaq Composite terkoreksi 43,06 poin atau 1,36 persen ke posisi 3.117,73.

Bung Towel Kasih 3 'Kisi-kisi' Supaya Timnas Indonesia Menang dari Uzbekistan
Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez

Pujian untuk Penampilan Ganas Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Marc Marquez dan Alex Marquez tampil gemilang di MotoGP Spanyol yang berlangsung Sirkuit Jerez pada Minggu 28 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024