Dahlan: Batan Bangun Reaktor Nuklir Khusus Pangan

Dahlan Iskan menggunakan baju Buanglah Koruptor pada tempatnya
Sumber :
  • VIVAnews/Iwan Kurniawan

VIVAnews - PT Batan Teknologi akan membangun reaktor nuklir sendiri di Indonesia untuk fokus dalam mengembangkan industri pangan, selain membuka pabrik radioisotop di Amerika Serikat.

Usai Ramai Digosipkan Selingkuh, Rizky Nazar Minta Maaf

Selama ini, Batan Tek meminjam reaktor nuklir milik Badan Tenaga Atom Nasional milik Kementerian Riset dan Teknologi RI.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, menjelaskan, pembangunan reaktor nuklir untuk nuklir kedokteran ini akan digunakan untuk sterilisasi produk pangan seperti buah-buahan dan karet (kondom dan sarung tangan karet).

Tokoh Agama Papua: Jangan Ikut Ajakan Sesat Aksi Demo 1 Mei, Pihak Tidak Bertanggungjawab

"Selama ini, sterilisasi tidak melalui iradiasi nuklir. Nah, itu akan ditolak dunia dan hanya dengan cara iradiasi nuklir yang hanya diterima pasar dunia," kata Dahlan di Jakarta, Rabu 26 September 2012.

Dahlan menjelaskan, pengawetan dengan cara iradiasi nuklir akan lebih aman dan lebih awet dibandingkan dengan pengawetan konvensional. Ia mencontohkan, jika menggunakan bahan pengawet, cokelat akan awet selama tiga bulan tapi dengan iradiasi nuklir dapat awet hingga sembilan bulan. "Nggak bahaya, malah lebih aman. Misal buah, diawetkan dengan pengawet itu bahaya sekali tapi dengan iradiasi lebih aman," katanya.

Prabowo Tak Hadir di Acara Halal Bihalal PKS, Ini Alasannya

"Iradiasi nuklir merupakan revolusi pengawetan dan revolusi iradiasi. Iradiasi nuklir lebih efektif untuk menghapus kuman jamur dan berbagai virus," katanya.

Petugas menunjukkan emas Antam di Butik Antam Pulo Gadung, Jakarta (foto ilustrasi)

Harga Emas Hari Ini 27 April 2024: Emas Antam Kinclong di Akhir Pekan

Harga emas produksi PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini tercatat dibanderol seharga Rp 1.236.000 per gram.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024