Ini Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

Tumpukan uang rupiah
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Mengelola keuangan saat usia muda bukan hal mustahil, asalkan mencari produk investasi yang produktif dan sesuai dengan kebutuhan.

Seorang perencana keuangan, Ligwina Hananto mengungkapkan, ada beberapa yang harus dilakukan sebelum memilih produk investasi di usia muda, salah satunya adalah mencari sesuai dengan kebutuhan.

"Kita harus menyusun tujuan investasi, investasi itu buat apa, karena uang itu harus ada muatannya, jadi kita mengerti kemampuan kita untuk produk investasi," kata Ligwina di Jakarta, Jumat.

Verrell Bramasta dan Putri Zulhas Kompak Ingin Memajukan Anak Muda

Dari sisi jangka waktu untuk investasi, ada batas waktu untuk mengelolanya, misal investasi jangka pendek itu untuk 5 tahun, menengah 5 hingga 10 tahun dan yang paling lama adalah 10 hingga 15 tahun.

"Misalnya kita tertarik di investasi di jangka pendek itu cocoknya di tabungan, deposito dan reksadana," tegasnya.

Sementara untuk jangka waktu 10 tahun adalah reksadana pendapatan tetap, dan di atas 10 tahun pakai reksadana campuran dan di atas 15 tahun lebih cocok untuk bermain saham.

"Tidak ada investasi yang aman dan untung semua ada naik turunnya, tapi cari yang sesuai dengan kebutuhan anda," jelas Ligwina. (umi)

Anies Baswedan menghadiri halal bihalal dan Milad ke-22 PKS

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Anies Baswedan menegaskan dirinya tetap bekerja untuk masyarakat Indonesia meski nanti berada di luar pemerintahan.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024