Menteri PU Berharap Pelayanan Air di Bekasi Terpenuhi

Instalasi Pengolahan Air Laut jadi air tawar di Sampang
Sumber :
  • Antara/ Saiful Bahri

VIVAnews – Kementerian Pekerjaan Umum (KemenPU)  meresmikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Tegalgede milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi, Kabupaten Bekasi, Minggu 30 September 2012.

Pembangunan IPA ini merupakan tahap pertama. Investasi untuk pembangunan IPA sebesar Rp230 miliar, dibagi dalam dua tahap hingga 2013. Pembangunan IPA ini merupakan kerjasama business to business antara PDAM Bhagasasi dengan PT Moya Bekasi Jaya.

“Dengan pembangunan IPA ini, kami harapkan dapat mengejar target pelayanan air kepada masyarakat Bekasi sampai di atas 73 persen,” kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto di Bekasi.

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ

PDAM Tirta Bhagasasi saat ini baru bisa memenuhi 34 persen kebutuhan air minum masyarakat Kabupaten Bekasi dan 35 persen penduduk Kota Bekasi. Total baru sekitar 159.930 sambungan rumah yang terlayani oleh PDAM Bhagasasi.

Tahap pertama pembangunan IPA bertujuan untuk menambah kapasitas air dari total +420 liter per detik menjadi +640 liter per detik. Sementara pembangunan IPA tahap kedua nanti untuk kapasitas +500 liter per detik.

“Sehingga target pelanggan di Bekasi dan sekitarnya akan  bertambah menjadi 345.600 jiwa atau sekitar 57.600 sambungan rumah,” ujar Djoko. IPA Tegalgede, menurutnya,  mampu menambah sekitar  17.600 unit sambungan rumah atau setara 105.600 jiwa dari total penduduk Kabupaten Bekasi yang berjumlah 2.166.000 jiwa.

Tarif rata-rata air ke pelanggan saat ini adalah Rp5.963 per meter kubik, dengan tingkat konsumsi rata-rata 19,15 meter kubik per kepala keluarga per bulan. (eh)

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi
[dok. Humas PT BUMI Resources Tbk]

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berhasil meraih penghargaan sebagai Perusahaan Wajib Pajak yang memberikan kontribusi terbesar ke negara tahun 2023.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024