Data Industri Beri Kejutan, Saham di AS Menguat

Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVAnews - Data pertumbuhan industri Amerika Serikat yang meningkat diluar dugaan telah mendorong bursa utama saham dunia mengalami penguatan. Sentimen positif juga muncul dari hasil stress test perbankan Eropa yang kondisinya diperkirakan tak terlalu mengkhawatirkan.

Daftar Pemenang Bidadari Oktagon di One Pride MMA 78

Data dari Institute for Supply Management yang merupakan perkumpulan industri melaporkan, indeks aktifitas produksi AS selama September 2012 menunjukan kenaikan menjadi 51,5. Perolehan ini merupakan yang pertama sejak Mei lalu.

Kenaikan indeks yang menyentuh level 50 ini menunjukan aktifitas dan pengembangan usaha di AS menunjukan adanya pertumbuhan.

Dikutip dari laman Reuters, Selasa, 2 Oktober 2012, indeks saham Dow Jones kemarin ditutup menguat 0,58 persen ke level 13.515,11. Penguatan juga terjadi pada indeks Standard & Poor's yang naik 4,82 poin (0,27 persen) ke level 1.444,49.

Kondisi berbeda justru dialami oleh indeks Nasdaq yang melemah 2,7 poin (0,09 persen) ke level 3.113,53.

"Meski serentetan data pelemahan di luar perkiran yang beredar di seluruh dunia, pasar tampaknya bergerak maju. Banyak harapan skenario menghadapi situasi terburuk tak hanya berfungsi sekarang tapi juga selamanya,' kata CEO dari Sarhan Capital, New York, Adam Sarhan.

Pada perdagangan saham kemarin, indeks bursa saham dunia atau MSCI Global Index naik 0,5 persen ke level 333,13. Sementara indeks saham utama Eropa (FTSEurofirst-300) naik 1.42 persen ke level 1.104,71 poin.

Spanyol Aman

Sementara itu, hasil stress test yang dilakukan terhadap bank-bank di Spanyol menunjukan hasil positif. Laporan yang dikeluarkan usai penutupan bursa saham Eropa ini menunjukan permasalahan di sektor keuangan Spanyol tak mengkhawatirkan seperti yang ditakutkan selama ini.

Walaupun, otoritas Spanyol tetap mengharapkan adanya suntikan dana talangan dan Uni Eropa. Rencananya, Spanyol bakal mengajukan permintaan bailout untuk sektor keuangan publik pada awal pekan depan. Sayangnya Jerman memberikan sinyal akan menahan permintaan tersebut.

Bank Spanyol diperkirakan membutuhkan tambahan modal sebesar 59,3 miliar euro untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi yang tengah melemah.

Pada perdagangan kemarin, nilai tukar euro terhadap dolar AS mengalami penguatan 0,3 persen ke lebel US$1,2890. (ren)

Kiper Indonesia U-23, Ernando Ari

Ernando Ari Tanyakan Hal ini ke PSSI soal Maarten Paes

Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga mengungkapkan, Ernando Ari menanti kehadiran pemain naturalisasi Maarten Paes dalam Skuad Garuda. 

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2024