10 Merek Produk Termahal di Dunia

Coca-Cola
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Konsultan merek internasional, Interbrand, menetapkan 100 merek produk termahal di dunia sepanjang 2012. Keseratus merek tersebut dianggap berhasil mendongkrak kinerja perusahaan mulai dari pertumbuhan pendapatan hingga tingkat kepuasan konsumen. 

Dikutip dari "Laporan Interbrand's 13 Annual Best Global Brand" yang diperoleh VIVAnews, Coca-Cola merupakan merek produk paling mahal di seantero bumi. Minuman bersoda ini berhasil mempertahankan posisi puncak yang diperolehnya pada tahun lalu.

Menguntit di belakang Coca-Cola adalah produk perangkat komputer Apple yang posisinya melonjak enam peringkat dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara di posisi ketiga adalah perusahaan komputer, IBM, yang harus rela turun satu peringkat dari tahun lalu. 

Interbrand melaporkan, nilai merek Coca-Cola saat ini mencapai US$77,83 miliar. Nilai itu meningkat 8 persen dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara Apple dan IBM mencatat nilai merek masing-masing US$76,57 miliar dan US$75,53 miliar.

CEO Interbrand Global, Jez Frampton menilai, seiring makin meningkatnya kompetisi global, kontribusi sebuah merek bagi nilai sebuah perusahaan juga ikut meningkat. "Seratus merek paling mahal ini telah berhasil mendengarkan konsumen, pekerja, dan investor dan menghantarkan mereka menjadi sebuah produk yang memberikan pengalaman memuaskan," katanya.

Dalam penilaian ini, Interbrand menetapan tiga kriteria pemeringkatan. Kriteria pertama yaitu kinerja keuangan dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh merek tersebut.

Penilaian kedua adalah peran merek produk dalam mempengaruhi pilihan para konsumen. Terakhir adalah kekuatan merek produk di harga yang lebih mahal sehingga bisa mengamankan pendapatan bagi perusahaan.

Dari ketiga kriteria tersebut, Interbrand akhirnya menetapkan 100 merek produk yang dianggap paling berharga sekaligus mahal di dunia.

Berikut adalah 10 merek termahal di dunia sepanjang tahun 2012:

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Peringkat 2012

Peringkat 2011

Merek

Sektor Bisnis

Nilai Merek (US$ miliar)

Perubahan

1

1

Coca-Cola  

Makanan/minuman 

77,83

8%

2

8

Apple 

Teknologi 

76,56

129%

3

2

IBM 

Jasa Bisnis  

75,53

8%

4

4

Google 

Teknologi 

69,72

26%

5

3

Microsoft 

Teknologi 

57,85

-2%

6

5

GE 

Diversifikasi 

43,68

2%

7

6

McDonald’s 

Restoran 

40,06

13%

8

7

Intel 

Teknologi 

39,38

12%

9

17

Samsung 

Teknologi 

32,89

40%

10

11

Toyota

Otomotif  

30,28

9%

Muzakki Ramdhan

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur

Mengenai proses persiapan peran dalam film ini, Muzakki menjelaskan tentang pengalaman uniknya dalam memerankan karakter Adil yang memiliki kemiripan dengan Reza Rahadian

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024