BISNIS

10 Merek Produk Termahal di Dunia

Interbrand merilis daftar 100 merek produk atau jasa termahal di dunia

ddd
Minggu, 7 Oktober 2012, 06:33
Pabrik Coca Cola di Cibitung, Bekasi
Pabrik Coca Cola di Cibitung, Bekasi (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - Konsultan merek internasional, Interbrand, menetapkan 100 merek produk termahal di dunia sepanjang 2012. Keseratus merek tersebut dianggap berhasil mendongkrak kinerja perusahaan mulai dari pertumbuhan pendapatan hingga tingkat kepuasan konsumen. 

Dikutip dari "Laporan Interbrand's 13 Annual Best Global Brand" yang diperoleh VIVAnews, Coca-Cola merupakan merek produk paling mahal di seantero bumi. Minuman bersoda ini berhasil mempertahankan posisi puncak yang diperolehnya pada tahun lalu.

Menguntit di belakang Coca-Cola adalah produk perangkat komputer Apple yang posisinya melonjak enam peringkat dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara di posisi ketiga adalah perusahaan komputer, IBM, yang harus rela turun satu peringkat dari tahun lalu. 

Interbrand melaporkan, nilai merek Coca-Cola saat ini mencapai US$77,83 miliar. Nilai itu meningkat 8 persen dibandingkan setahun sebelumnya. Sementara Apple dan IBM mencatat nilai merek masing-masing US$76,57 miliar dan US$75,53 miliar.

CEO Interbrand Global, Jez Frampton menilai, seiring makin meningkatnya kompetisi global, kontribusi sebuah merek bagi nilai sebuah perusahaan juga ikut meningkat. "Seratus merek paling mahal ini telah berhasil mendengarkan konsumen, pekerja, dan investor dan menghantarkan mereka menjadi sebuah produk yang memberikan pengalaman memuaskan," katanya.

Dalam penilaian ini, Interbrand menetapan tiga kriteria pemeringkatan. Kriteria pertama yaitu kinerja keuangan dari produk atau jasa yang dihasilkan oleh merek tersebut.

Penilaian kedua adalah peran merek produk dalam mempengaruhi pilihan para konsumen. Terakhir adalah kekuatan merek produk di harga yang lebih mahal sehingga bisa mengamankan pendapatan bagi perusahaan.

Dari ketiga kriteria tersebut, Interbrand akhirnya menetapkan 100 merek produk yang dianggap paling berharga sekaligus mahal di dunia.

Berikut adalah 10 merek termahal di dunia sepanjang tahun 2012:

Peringkat 2012

Peringkat 2011

Merek

Sektor Bisnis

Nilai Merek (US$ miliar)

Perubahan

1

1

Coca-Cola  

Makanan/minuman 

77,83

8%

2

8

Apple 

Teknologi 

76,56

129%

3

2

IBM 

Jasa Bisnis  

75,53

8%

4

4

Google 

Teknologi 

69,72

26%

5

3

Microsoft 

Teknologi 

57,85

-2%

6

5

GE 

Diversifikasi 

43,68

2%

7

6

McDonald’s 

Restoran 

40,06

13%

8

7

Intel 

Teknologi 

39,38

12%

9

17

Samsung 

Teknologi 

32,89

40%

10

11

Toyota

Otomotif  

30,28

9%



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
maafdewa
07/10/2012
ai..banyakkan merek buat nyumbang penindasan di palestina.
Balas   • Laporkan
joecy | 11/11/2012 | Laporkan
@maafdewa: ciee yang bangga udah ikut nyumbang juga hahahaha
neosack | 07/10/2012 | Laporkan
komputer situ peke "intel" yah?? itu buatan USA loh kok masih dipakai?? sinting lo membenci sesuatu tpi masih pke produknya.
theharvestars | 07/10/2012 | Laporkan
Komentar yg cerdas dong...


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id