Alasan Jokowi-Ahok Kaji Ulang Proyek MRT

Pencanangan Persiapan Pembangunan MRT
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), mengatakan proyek Mass Rapid Transit (MRT) akan dikaji ulang secara keseluruhan, termasuk terkait rute awalnya yang menghubungkan Lebak Bulus di Jakarta Selatan dan Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta Pusat.

“Kenapa harus dimulai dari Lebak Bulus ke HI? Warga yang tinggal di Jakarta Selatan seperti Bintaro sudah lewat BSD naik Kereta Rel Listrik (KRL). Jadi penumpangnya nanti mana?” kata Ahok di Gedung Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jumat 19 Oktober 2012.

Belum lagi rute itu harus membongkar Stadion Lebak Bulus yang dahulu kerap dijadikan markas klum sepakbola Persija. “Persija kan tidak punya stadion. Kenapa Stadion Lebak Bulus tidak sekalian dijadikan stadion Persija?” ujar Ahok.

Ahok menegaskan, jangan sampai proyek MRT nantinya seperti proyek monorel yang sudah setengah jalan tapi pembebasan lahannya belum selesai. “Belum lagi pinjamannya jalan terus. Wah, bonyok kita,” kata dia. “Intinya Pak Gubernur sudah jelas minta ini dikaji lagi, termasuk berapa biaya sesungguhnya dan bagaimana rutenya,” imbuh Ahok.

Ia menjelaskan Jokowi berprinsip, kalau sudah memulai sesuatu tidak boleh berhenti. Hambatan apapun kita tabrak. Tidak ada kata berhenti dalam kamus Pak Gubernur kita,” ujar Ahok. Oleh karena itu perencanaan proyek MRT harus jelas dari awal sebelum dimulai.

Saat ini proyek MRT memang belum dimulai dan masih pada tahap pencarian tender. (umi)

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024
wawancara Ketum PSSI, Erick Thohir dengan Aljazeera

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan kunci keberhasilan Timnas Indonesia tampil impresif dalam melakoni sejumlah laga di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024