Bagaimana Topan Sandy Mempengaruhi Ekonomi?

Penduduk New York bersiaga hadapi Topan Sandy
Sumber :
  • REUTERS/Gary Hershorn

VIVAnews - Pemerintah dan rakyat di pesisir timur AS bersiaga menghadapi datangnya Topan Sandy yang mengancam kota utama seperti Ibukota Washington DC dan New York. Topan yang diperkirakan datang awal pekan ini diperkirakan menjadi topan terdahsyat yang melanda AS, meski tak seliar Topan Katrina.

Menurut kantor berita Reuters, sekitar 50 juta warga AS berada di jalur yang kemungkinan dilalui , yang diperkirakan mulai masuk ke pesisir timur pada Selasa pagi waktu setempat (malam WIB). Topan ini sudah merenggut nyawa sedikitnya 66 orang di kawasan Karibia, Amerika Tengah.

Topan ini pun memaksa dua kandidat presiden, yaitu Barack Obama dan Mitt Romney, membatalkan jadwal kampanye di beberapa tempat. Padahal, hari pemilu 6 November kian dekat.

Bagaimana pengaruhnya ke ekonomi? Bursa saham New York (Wall Street) menyatakan akan tutup tutup sepanjang Senin waktu setempat. Ini kali pertama Wall Street tutup sejak Topan Gloria pada 1985. Namun, transaksi saham di Wall Street kali ini diupayakan tetap berlangsung secara elektronik (online).

Dikutip dari Forbes, topan ini mungkin menjadi momentum yang baik bagi peritel dan department store seperti Target dan Wal Mart yang akan mengalami pembelian untuk stok rumah tangga selama menghadapi badai. Toko seperti Home Depon, dan Lowe juga mendapat bagian. Masyarakat membeli peralatan rumah tangga seperti lilin, selimut, hingga mantel penghangat.

Topan ini juga akan menjadi momen buruk bagi industri otomotif. Oktober merupakan bulan pertama pabrikan mobil mengeluarkan model 2013 secara resmi. Namun, penjualan di pesisir timur diperkirakan sepi akhir pekan ini, karena konsumen khawatir, bagaimana mengangkut mobil untuk dievakuasi.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Dealer mobil juga melihat topan ini akan merusakkan mobil, seperti yang terjadi pada Topan Katrina dan Irene.

Pabrikan mobil Jepang tahu banyak apa yang terjadi ketika bencana alam terjadi. Mereka masih dalam pemulihan dampak tsunami dan gempa di Jepang serta banjir di Thailand tahun lalu. Semua orang di Detroit mengamati apakah badai akan tetap di jalur timur atau menuju Great Lakes.

Sementara itu, untuk industri perjalanan, semua maskapai telah membatalkan ribuan penerbangan pada Senin dan Selasa. Jadwal penerbangan diperkirakan menjadi "amburadul" untuk hari-hari selanjutnya. (art)

Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024