Dibangun, 6 Ruas Tol Baru Dilalui Bus Transjakarta

Pendanaan Infrastruktur
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Pekerjaan Umum mengungkapkan bahwa saat ini sedang merancang pembangunan enam ruas jalan tol layang di Jakarta dan akan dilalui bus Transjakarta.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

"Nanti, dalam jalan tol tersebut akan dibuatkan jalan khusus untuk bus Transjakarta," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, dalam paparannya di acara Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama di Jakarta, Senin 29 Oktober 2012.

Jalan tol yang keenam ruasnya akan dibuat dalam keadaan melayang (elevated) ini, Hermanto menjelaskan, nantinya akan membantu Jakarta untuk mengatasi kemacetan.

Indonesia Sesalkan Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Karena Veto AS

Penggunaan sistem elevated pun, dia menambahkan, dijadikan pilihan karena persoalan lahan yang sering menjadi masalah dan untuk mengurangi nilai investasi.

Keenam ruas jalan tol dalam kota tersebut adalah Kemayoran-Kampung Melayu (9,6 kilometer), Duri Pulau-Kampung Melayu (11,4 km), Sunter-Rawabuaya-Batu Ceper (22,9 km), Sunter-Pulo Gebang-Tambelang (25,73 km), Pasar Minggu-Casablanca (9,5 km), dan Ulujami-Tanah Abang (8,27 km).

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Hermanto mengatakan bahwa nantinya pihak pengelola akan memberikan bantuan kepada bus Transjakarta dengan memperlebar jalan di bagian-bagian tertentu untuk dibuatkan halte. "Ini akan membuat lalulintas tidak akan terganggu," ujarnya.

Sekadar informasi, proyek enam ruas jalan tol ini akan menelan investasi senilai Rp42 triliun dan diperkirakan dioperasikan serta dibangun oleh Jakarta Toll Development yang menjadi satu-satunya perusahaan yang lolos kualifikasi proyek tol dengan panjang total 69,7 km itu. (art)

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024