Boediono: Pemerintah Dukung Kenaikan Gaji Buruh

Ribuan Buruh Berdemo di Balaikota
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Wakil Presiden Indonesia Boediono menilai maraknya isu perburuhan akhir-akhir ini merupakan bagian dari demokrasi. Pemerintah mendukung perbaikan kesejahteraan buruh sebagai salah satu program prioritas pemerintah.

Boediono di hadapan para investor asing menjelaskan saat ini marak demonstrasi buruh yang meminta perbaikan upah dan jam kerja. "Saya pikir itu harus kita terima sebagai produk dari proses demokrasi dan harus kita hormati," kata Boediono dalam Indonesia Investment Summit di Jakarta, Selasa 5 November 2012.

Ia menjelaskan pemerintah mendukung perbaikan upah buruh. Pasalnya, kenaikan kesejahteraan pekerja Indonesia merupakan salah satu prioritas pemerintah. Boediono menitikberatkan aksi demonstrasi  yang berujung anarki harus dihindari.

Kedua belah pihak, imbuhnya, harus saling menghargai dengan menjaga aktivitas bisnis untuk tetap berjalan. Sementara di sisi lain harus memastikan kesejahteraan para buruh terus ditingkatkan. Dua tujuan itu, aktivitas bisnis dan kenaikan upah, harus berjalan bersama-sama.

"Jangan membunuh, atau menyakiti. Seharusnya setiap pihak harus memastikan keuntungan harus dibagi secara jujur dan adil sesuai kontribusi masing-masing," katanya.

Selain itu Boediono juga menekankan pentingnya peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan pelatihan. Peningkatan kemampuan para pekerja Indonesia merupakan kunci pertumbuhan dan jika tidak ditingkatkan maka akan terjadi sumbatan dalam beberapa tahun mendatang.

Untuk itu, ia meminta swasta untuk mengantisipasi hal ini untuk menghilangkan hambatan sumber daya manusia. "Kita meminta kerjasama dengan swasta untuk mengantisipasi masalah ini," katanya. (eh)

Cak Imin: Edy Rahmayadi Daftar Jadi Cagub dari PKB
Prabowo Subianto temani Jokowi bertemu dengan PM Singapura Lee Hsien Loong

Jokowi dan SBY Jadi Mentor Andal Prabowo, Menurut Pengamat

Pengamat politik menyatakan Joko Widodo dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi mentor andal Prabowo Subianto sebagai calon presiden terpilih pada Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024