Greater Indonesia Bakal Saingi India dan China

Chatib Basri
Sumber :
  • facebook.com

VIVAnews - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Chatib Basri, menyatakan Indonesia kini telah berkembang menjadi Greater Indonesia menyaingi Greater China dan Greater India.

"Ketika berbicara mengenai Asia, kita selalu menyebutkan dua zona pertumbuhan yaitu Greater China dan Greater India. Namun, yang tidak boleh terlupakan saat ini adalah Greater Indonesia," kata Chatib Basri dalam acara Indonesia Investment Summit di Jakarta, Selasa 6 November 2012.

Menurut Chatib, Greater Indonesia menawarkan sebuah negara dengan penduduk 240 juta jiwa yang merupakan pusat pertumbuhan negara-negara ASEAN. Perekonomian Indonesia tercatat menguasai 48 persen perekonomian ASEAN. Ditambah lagi, 42 persen penduduk Indonesia merupakan penduduk ASEAN.

Dua hal ini, dia melanjutkan, menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak bisa dilewatkan investor yang ingin berinvestasi di Asia Tenggara.

Selain itu, kinerja perekonomian Indonesia terus bersinar. Pertumbuhan ekonomi nasional pada semester I-2012 mencapai 6,3 persen. Pencapaian ini menempatkan Indonesia sebagai negara anggota G-20 dengan pertumbuhan terpesat setelah China.

Beli Motor Bekas Jangan Lupa Urus Balik Nama, Ini Cara dan Biayanya

Untuk pertama kalinya, sektor investasi juga memberikan kontribusi terbesar terhadap produk domestik bruto, yaitu 11,2 persen.

BKPM mencatat realisasi investasi dalam negeri dan asing hingga September 2012 mencapai US$25,54 miliar atau 81,1 persen dari target 2012 sebesar US$31,5 miliar. "Saya optimistis hingga kuartal I-2013, investasi yang masuk ke Indonesia masih kuat," katanya. (art)

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas

Menteri PAN-RB Siapkan Formasi ASN di IKN Bagi Putra-Putri Asli Kaltim

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah telah menyiapkan jumlah kebutuhan ASN di IKN.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024