Pemerintah Mulai Gusar Isu Buruh Ganggu Investasi

Demo Buruh Tolak BBM Naik
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, mengaku khawatir iklim investasi Indonesia bakal terganggu dengan maraknya aksi demonstrasi menyangkut isu perburuhan.

Sebagai informasi, usai marak aksi demonstrasi menuntut kesejahteraan yang dilakukan para buruh, kini giliran para pengusaha yang mengancam berhenti produksi. Ancaman ini dikeluarkan sebagai imbas dari aksi sweeping serta perusakan sarana pabrik.

"Ingat, kalau sampai iklim investasi kita dianggap tidak kondusif, yang rugi kita semua, bangsa ini yang rugi," kata Hatta di kantornya Jakarta, Selasa 6 November 2012.

Hatta mengatakan, isu perburuhan merupakan salah satu permasalahan penting dalam mendukung investasi yang masuk. Terlebih lagi, perburuhan merupakan salah satu daya tarik investasi di Indonesia.

Bahkan, Hatta menilai, isu perburuhan merupakan batu ujian bagi Indonesia untuk bisa membuktikan diri sebagai negara tujuan investasi. Isu ini juga bisa menunjukkan kemampuan sektor investasi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi nasional.

"Selalu ada jalan keluar untuk memecahkan persoalan-persoalan perburuhan kita, apakah itu menyangkut upah, outsourcing, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan kesejahteraan," katanya.

Kata Kapolri soal Kasus Brigadir Ridhal Ali yang Tewas Bunuh Diri

Untuk itu, pemerintah berharap agar seluruh pihak mencari solusi terbaik dari kebuntuan komunikasi antara buruh dan pengusaha. Bahkan, Hatta mengaku siap turun ke lapangan untuk memfasilitasi kebuntuan itu agar segala permasalahan bisa diselesaikan. "Ini masalah yang sangat krusial untuk kita selesaikan," katanya. (art)

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea

Andi Gani Jadi Staf Ahli Kapolri Bidang Ketenagakerjaan

Penunjukan Andi Gani Nena Wea sebagai staf ahli Kapolri bidang ketenagakerjaan berdasarkan kesepakatan serikat dan konfederasi buruh.

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024