BISNIS

Ciputra Berbagi Kiat Sukses Berwirausaha

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melestarikan budaya.

ddd
Senin, 12 November 2012, 12:22
Ciputra berbagi kiat sukses berwirausaha
Ciputra berbagi kiat sukses berwirausaha (ANTARA/Fanny Octavianus)

VIVAnews - Pendiri Ciputra Group, Ir Ciputra, berbagi kisah bagaimana menjadi wirausahawan sukses. Untuk mengembangkan usaha, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melestarikan budaya Indonesia.

"Setiap hari baca buku suci Anda. Dari buku itu Anda akan mengerti bagaimana menghasilkan moral yang baik, sehingga menghasilkan budaya dan peradaban yang baik," kata Ciputra di sela pembukaan "Global Entrepreneurship Week" di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin 12 November 2012.

Ia melihat, Indonesia memiliki budaya yang unik, dengan modal seni yang luar biasa. Sayangnya, budaya tersebut tidak bisa dikelola dengan baik. "Kita masih kalah dengan Malaysia. Mereka bisa exsplore budayanya," tegas Ciputra.

Ciputra pun menyarankan, sebelum memasarkan produk, para wirausahawan muda harus terlebih dulu melestarikan budaya bangsa. Mulai dari membuat, hingga memasarkan produk.

"Kemas produk Anda dengan keunikan budaya. Misalnya, jika Anda membuka usaha batik, kalau dengan motif lama tidak laku, Anda harus ke luar dan cari motif baru. Oleh karena itu, gali budaya kita," ujarnya.

Setelah menemukan motif yang unik, dia melanjutkan, langkah yang harus dilakukan adalah membuat merek, sehingga hasil karyanya dikenal masyarakat luas. "Anda harus fokus untuk distribusi dan pakai cara franchise. Jangan dijual sendiri," tuturnya.

Sementara itu, untuk metode penjualannya, dia menambahkan, sebaiknya dijual secara online. Selain ongkosnya tidak terlalu mahal, teknologi informasi ini juga mudah diakses oleh masyarakat di seluruh dunia.

"Online itu yang paling modern. Kami pernah memberikan pelatihan dan produknya dijual online. Lakunya bukan main," ungkap Ciputra.(umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
kangdeis
12/11/2012
kebanyakan pengusaha indonesia menganut kpd budaya asing....maka wajarlah kalah sama malaysia sampai2 malaysia mencplok bdaya indonesia.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com