Toyota Siap Tanam Investasi Rp26 Triliun di Indonesia

Pembukaaan IIMS 2011, MS. Hidayat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Perusahaan otomotif dunia asal Jepang, Toyota, akan menanamkan investasi di Indonesia sebesar Rp26 triliun dengan membangun pabrik baru.

Heboh AC Pesawat Panas, Otoritas Bandara Gelar Ramp Check di Kualanamu

"Untuk awalnya, mereka akan menanamkan investasi senilai Rp13 triliun," ujar Menteri Perindustrian, M.S. Hidayat di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal, Jakarta, Senin 12 November 2012.

Menurut Hidayat, nantinya pemerintah akan meminta pabrik baru yang akan dibangun Toyota tersebut untuk memperbanyak produksi guna keperluan ekspor. "Mungkin sekitar 30 persennya akan saya minta dialokasikan untuk ekspor," ungkapnya.

Terpopuler: Aerox Terbakar Usai Geber Knalpot, Mobil Laku 100 Ribu Unit dalam 3 Bulan

Saat ini, menurut dia, Toyota sedang mengusahakan untuk mendapatkan pengurangan pajak penghasilan dalam periode tertentu dari Kementerian Perindustrian. Hidayat berharap, jika memang diberikan, nanti Toyota bisa menyerap banyak tenaga kerja.

Hidayat menambahkan, produksi Toyota yang saat ini mencapai 110 ribu unit per tahun pun akan bertambah hingga 250 ribu unit, dengan pembangunan pabrik baru tersebut pada 2015.

Gegara Ribut soal Baju Lebaran, Pria di Lampung Bunuh Saudara Kembar

Namun, sebelumnya, Toyota Motor Corp dan afiliasinya hanya menyatakan bahwa pihaknya berencana menanamkan investasi sekitar Rp7 triliun di Indonesia selama lima tahun ke depan. Investasi besar-besaran ini di luar rencana investasi tahun ini sebesar Rp6 triliun. Berita lengkapnya, buka . (art)

Anmat Komang (62), seorang pria paruh baya warga Desa Tanjung Saleh, Kecamatan Kakap, Kabupaten Kubu Raya mengalami luka serius setelah dirinya diserang buaya muara, pada Kamis 11 April 2024.

Ambil Air Wudhu di Parit, Pria Tua di Kubu Raya Diserang Buaya Muara

Peristiwa itu mengakibatkan Anmat Komang mengalami luka robek yang cukup serius di bagian betis kaki sebelah kiri dan tangan kirinya akibat gigitan buaya.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024