10 Cara Sukses Ala Richard Branson (II)

Richard Branson, pemilik Virgin Group
Sumber :
  • ready2beat.com

VIVAnews - Tidak semua orang dapat menjadi seorang wirausaha karena wirausaha membutuhkan jiwa yang tidak mudah menyerah. Salah satu contoh wirausaha sukses dunia adalah Richard Branson, yang memiliki 360 perusahaan di bawah bendera Virgin Group.

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur

Pengusaha Inggris bernama lengkap Sir Richard Charles Nicholas Branson ini pertama kali berbisnis pada usia 16 tahun dengan mendirikan majalah Student, kemudian berkembang dan saat ini menjadi orang terkaya ke-255 versi Forbes dengan kekayaan bersih US$4,2 miliar.

Berikut enam hingga sepuluh cara agar anda dapat mengikuti cara Richard Branson untuk menjadi seorang pengusaha sukses seperti dilansir Entrepreneur.com ( untuk lima tips sukses Richard Branson lainnya):

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

6. Dengar keluhan pelanggan

Branson menggunakan media sosial untuk mendapatkan pandangan nyata konsumen tentang bagaimana perusahaannya berjalan. Memanfaatkan jaringan sosial hingga cara lama yaitu membuka layanan telepon untuk keluhan pelanggan itu sangat penting agar pelanggan tahu bahwa perusahaan peduli dengan kebutuhan konsumen.

Resmi! PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok

"Masukan dari pelanggan membuat kami belajar bagaimana produk dan layanan kami dapat lebih baik dari sebelumnya," katanya. 

7. Fokus untuk mengembangkan Bisnis

Walaupun telah memiliki model bisnis yang bagus, setiap wirausaha akan mengalami gangguan dan tergoda untuk membuat perubahan di tengah jalan. Branson menyarankan untuk mengetahui tujuan bisnis awal dan pastikan untuk fokus menjalankan tujuan tersebut.

Branson selalu menghadiri pelatihan tahunan karyawan Virgin Amerika untuk menjaga antusiasme karyawan dan mencegah para karyawan untuk menjadi puas diri dari keadaan status quo.

8. Berpikir positif

Dibutuhkan kepribadian yang kuat untuk menjadi seorang wirausaha, pemilik bisnis kadang-kadang tergoda untuk menjadi agresif dan menyerang konsumen bahkan timnya sendiri. Tidak seorang pun karyawan yang ingin bekerja dengan seorang diktator atau pengusaha yang suka melecehkan pegawai.

Seorang pengusaha sukses dapat menemukan keseimbangan antara agresivitas dengan menghormati dan rasa terima kasih dengan timnya. Jika anda berbisnis dengan orang yang tidak memiliki pendekatan positif, maka orang tersebut bukan orang yang tepat untuk diajak kerjasama.

9. Mendorong Kerjasama Tim

Sebagai wirausaha dengan ide sebagus apapun akan percuma jika anda tidak mempunyai tim yang kuat untuk memperkenalkan produk anda kepada masyarakat. Produk yang baik tidak akan mungkin tanpa rekan kerja yang bekerja keras di belakang layar. Rekan kerja yang harmonis akan dapat bekerjasama untuk mencapai hal-hal yang besar.

10. Jangan takut untuk ke luar

Hal yang sulit bagi wirausaha adalah bagaimana menjual perusahaan yang telah didirikan dan dibesarkan. Caranya adalah, menggaet konsultan terpercaya untuk mengukur apakah menjual perusahaan dapat menyehatkan perusahaan.

Branson telah menjual beberapa perusahaan dibawah naungan Virgin Group selama bertahun-tahun. Salah satunya adalah dijualnya Virgin Records kepada EMI. "Ini adalah hari yang sangat emosional bagi saya, pada satu titik saya menangis," kenang Branson.

"Melihat ke belakang, jelas bahwa kita menjual pada saat yang tepat, dan keputusan masuk akal untuk Virgin secara keseluruhan untuk masa depan grup dan memberikan kami modal untuk investasi di bisnis yang baru," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya