Riwayat 70 Tahun Bisnis Grup Bakrie (I)

Jumpa Pers Peringatan HUT 70 Tahun Kelompok Usaha Bakrie
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Hari ini genap kelompok usaha Bakrie genap berusia 70 tahun. H. Ahmad Bakrie bersama kakak kandungnya, H. Abuyamin, mendirikan firma Bakrie & Brothers General Merchant and Commision Agent pada 10 Februari 1942 silam.

Perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan umum dan agen hasil bumi seperti kopi, lada, cengkeh, tapioka, dan sebagainya. Usahanya semakin berkembang dan setahun kemudian Ahmad Bakrie memindahkan perusahaannya ke Jakarta.

Pada saat penjajahan Jepang, Ahmad Bakrie merubah nama menjadi Jasuma Shokai. Lalu berubah lagi menjadi CV Bakrie & Brothers saat merintis hubungan dengan Singapura. Pada 1951, Ahmad Bakrie merubah kembali namanya menjadi NV Bakrie & Brothers.

Pada 1952, Ahmad Bakrie merintis hubungan dagang dengan Eropa. Sepanjang 1952-1961 Bakrie melakukan berbagai ekspansi seperti mendirikan pabrik penggilingan padi di Batanghari, Lampung, mengakusisi perusahaan NV Kawat dan menjadi pelopor industri manufaktur dengan mendirikan pipa baja Talang Tirta.

Pada 1960an awal, Bakrie mulai melakukan ekspansi ke Amerika Serikat untuk kedua kalinya dengan mengekspor lada ke negara paman Sam. Memasuki era 1962-1971, Bakrie & Brothers memperbesar industri manufaktur dengan cara memperluas kegiatan pabrik pipa dan mendatangkan mesin baru. Selain itu, Ahmad Bakrie juga mulai ekspor kopi ke Amerika Serikat dan Eropa.

Di era yang sama, Ahmad Bakrie mulai ekspansi ke luar negeri dengan mendirikan Cemara Trading Company Limited di Hongkong. Ia juga memperluas industri dalam negeri dengan mendirikan pabrik pengolahan karet di Palembang untuk pasar ekspor. Memasuki 1970an, NV Bakrie & Brothers mengubah bentuk hukum perusahaan menjadi PT Bakrie &
Brothers.

Era 1972-1981, Bakrie melakukan pengembangan dan perluasan baja, logam, konstruksi dan suku cadang dengan meresmikan pabrik pipa baja untuk air dan gas di Jakarta. Selain itu Bakrie mulai membentuk berbagai perusahaan seperti PT Bakrie Tubemakers yang kemudian menjadi PT Bakrie Tosanjaya. Pada saat yang sama, Bakrie mendirikan yayasan Achmad Bakrie yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan.

Pada 1982-1991, Bakrie & Brothers melepas sahamnya ke publik dan menjadi salah satu emiten pioner di Bursa Efek Indonesia. Setelah itu, United Sumatera Plantations anak perusahaan BNBR, juga masuk bursa efek dengan kode UNSP. Saat ini UNSP menjelma sebagai Bakrie Sumatera Plantation. Pada 1980an Bakrie ekspansif memasuki sektor baru seperti properti dengan mendirikan PT Bakreland Developtment.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah
Film Keluar Main 1994

Tayang Perdana Hari Ini 28 Maret 2024, Film "Keluar Main 1994" Siap Hibur Penonton

Sebuah film yang ditunggu-tunggu, "Keluar Main 1994", tayang perdana di bioskop-bioskop seluruh Indonesia pada hari ini, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024