Riwayat 70 Tahun Bisnis Grup Bakrie (II)

Bakrie Tower
Sumber :
  • bakrieland

VIVAnews - Pada 2012 ini kelompok usaha Bakrie memasuki usia 70 tahun. Sepanjang perjalanan usahanya, Bakrie telah menjadi sebuah kelompok usaha besar di Indonesia.

Dalam perjalanannya selama tujuh puluh tahun sejak 1942, Bakrie telah berkembang dan menjadi salah satu kontributor utama bagi pendapatan negara dan menjelma menjadi aset usaha bangsa yang penting.

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0


Memasuki era 1992 bisnis Bakrie semakin kinclong dengan membuat PT Cakrawala Andalas Televisi atau yang lebih dikenal dengan sebutan ANTV. Pada 1993, Bakrie grup mulai memasuki sektor telekomunikasi pada 1993 dengan nama PT Radio Telepon Indonesia (Ratelindo), yang saat ini telah berubah menjadi PT Bakrie Telecom Tbk.

Pada era 1990an, kelompok usaha Bakrie mengakusisi Australia Link Communication dan memperluas operasi telekomunikasi ke Republik Uzbekiztan. Pada era yang sama Bakrie mengakusisi PT Bumi Resources dan mengubah bisnis utama dari bidang perhotelan dan pariwisata menjadi bidang migas dan pertambangan.

Perubahan lini bisnis ini membuat Bumi Resources berkembang pesat dengan mengakusisi saham Gallo Oil (Jersey) Ltd. Bahkan BUMI mengakusisi 80 persen saham PT Arutmin Indonesia, produsen batubara terbesar keempat di Indonesia dan memfokuskan BUMI di sektor tambang.

Memasuki era 2000, Bakrie mulai fokus masuk sektor migas melalui PT Energi Mega Persada yang saat ini dikenal sebagai produsen aktif pengembang dan eksplorasi di sektor hulu migas. Energi Mega Persada (ENRG) mulai melepas sahamnya ke publik pada 2006 lalu.

Di balik kesuksesan, juga terdapat kisah pahit pada 2006 lalu dimana bencana semburan lumpur di Sidoarjo terjadi pertama kali di sekitar area gas milik PT Lapindo Brantas yang dimiliki bersama oleh ENRG, Medco dan Santos Australia. Semburan lumpur tersebut terjadi setelah gempa berkekuatan 5,9 skala ritcher yang mengguncang Yogyakarta dan telah ditetapkan sebagai bencana nasional.

Pada 2008 Bakrie grup terjun ke bisnis new media dengan mendirikan VIVAnews.com. VIVAnews menerapkan standar jurnalisme online berkualitas dan pada 2012 mengembangkan diri menjadi VIVA.co.id.

Pada 2010, grup Bakrie tercatat di Bursa Efek London melalui Vallar Plc, yang lalu merubah nama menjadi Bumi Plc. Portofolio BNBR mencapai US$2,2 miliar dengan posisi sebagai market leader di setiap sektor dan merubah orientasi perusahaan menjadi perusahaan investasi yang fokus pada infrastruktur dan sumber daya alam.

RUPS PT Federal International Finance

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru

PT Federal International Finance (FIF) mengangkat Presiden Direktur baru dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2023 pada Jumat, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024