Inilah Daerah-daerah Langka Premium

tni mengamankan demo kenaikan bbm
Sumber :
  • ANTARA/Yusran Uccang

VIVAnews - PT Pertamina (Persero) akhirnya memutuskan untuk menyetop pembatasan pasokan bahan bakar minyak bersubsidi atau Premium, menyusul munculnya kelangkaan BBM yang berpotensi memicu kerawanan sosial.

Loyal Dukung Prabowo, Maruarar Sirait: Kita Gak Ada Bicara jabatan Menteri

Seperti diketahui, Sabtu kemarin dan Minggu dini hari lalu, terjadi kerusuhan di Kutai Barat yang dipicu antre BBM jenis Premium. Buntut dari peristiwa ini, 400 kios pasar dan mess karyawan pom bensin dibakar massa yang marah. 

Menurut VP Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir, dengan memperhatikan perkembangan situasi sosial di daerah pasca kebijakan pembatasan pasokan BBM, dan mempertimbangkan kepentingan nasional yang lebih besar, akhirnya Pertamina memutuskan terhitung mulai 25 November 2012 menyetop kebijakan tersebut yang sudah berjalan selama sepekan terakhir.

Kata Pelatih Guiena Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23 di Play Off Olimpiade

"Sebab, ditakutkan bila tidak segera disetop, pembatasan pendistribusian BBM ini terus menyebabkan kelangkaan Premium di berbagai daerah yang memicu keresahan di kalangan masyarakat konsumen dan berpotensi memicu kerusuhan seperti di Kutai Barat," kata dia kepada VIVAnews, Senin 26 November 2012.

Selain di Kutai Barat (Kaltim), Ali mengungkapkan, sejumlah daerah yang teridentifikasi mengalami kelangkaan BBM bersubsidi dan sudah menunjukkan keresahan masyarakat adalah Tarakan, Maluku, dan Madura (Jatim).

Gus Muhdlor Minta KPK Tunda Pemeriksaan Hingga Putusan Praperadilan Keluar

Beberapa daerah lainnya, dia menambahkan, yang berpotensi menimbulkan konflik akibat kelangkaan dan antrean BBM di antaranya Kalimantan Barat, Medan, Bengkulu, Palembang, Papua, Atambua, Flores, NTB, Batam, serta Jawa Barat dan Jakarta.

"Karena itu, untuk mencegah hal serupa (kerusuhan) terjadi di beberapa daerah yang juga mengalami kelangkaan Premium tersebut, kami akhirnya putuskan ," tuturnya.

Nurul Ghufron saat diperiksa Dewas KPK

Nurul Ghufron Jelaskan Perkara yang Bikin Dia Disidang Masalah Etik Dewas KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron akhirnya menjelaskan dugaan penyalahgunaan wewenang hingga menyebabkan dirinya bakal disidang pelanggaran etik oleh Dewas KPK.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024