BISNIS

Garap Jalan Tol, Citra Group-San Miguel Bentuk Konsorsium

Citra Group memiliki beberapa perusahaan di Indonesia, termasuk CMNP.

ddd
Senin, 26 November 2012, 09:42
Garap jalan tol, Citra Group-San Miguel bentuk konsorsium
Garap jalan tol, Citra Group-San Miguel bentuk konsorsium (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - Citra Group menggandeng San Miguel Corporation (SMC) dan membentuk konsorsium untuk menggalang dana sekitar US$700 juta hingga US$1 miliar untuk pengembangan sejumlah proyek jalan tol di Indonesia dan Filipina.

Perusahaan konsorsium tersebut adalah Atlantic Aurum Inc, berbasis di Belanda, yang merupakan perusahaan jalan tol yang mayoritas sahamnya dikuasai oleh Citra Group 54 persen dan sisanya dimiliki SMC. 

Citra Group memiliki beberapa perusahaan di Indonesia, termasuk PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) dan PT Citra Lamtoro Gung. 

Sedangkan, San Miguel adalah perusahaan yang bisnis utamanya di bidang makanan dan minuman (food & beverages) dengan brand terkenal bir San Miguel. Perusahaan ini kemudian melebarkan sayap ke pertambangan, infrastruktur, telekomunikasi, dan perbankan.

Di Filipina, konsorsium SMC-Citra mempunyai kepemilikan mayoritas di Citra Metro Manila Tollways Corp. dan South Luzon Tollway Corp., yang memiliki dan mengoperasikan jalan tol sepanjang 66 kilometer dari Metro Manila sampai daerah Selatan di kepulauan Luzon. 

Di Indonesia, konsorsium ini, melalui berapa anak perusahaannya, memiliki lebih dari 30 persen saham di CMNP yang mengoperasikan tiga jalan tol di Jakarta dan Surabaya, yaitu Depok-Antasari (22 km), ruas Ir.  Wiyoto Wiyono (34 km), dan tol simpang susun Waru-Bandara Juanda (13 km).

Chairman Citra Group Shadik Wahono mengatakan bahwa penggalangan dana akan dilaksanakan pada 2013,, melalui penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham konsorsium SMC-Citra di bursa Filipina atau penerbitan unit business trust di Singapura.

Seluruh dana yang berhasil dihimpun perusahaan konsorsium tersebut, akan digunakan untuk membiayai pengembangan proyek dan akuisisi jalan tol di Indonesia maupun di Filipina.

Selain itu, Citra Group juga akan meningkatkan kepemilikan sahamnya di CMNP. Saat ini, Citra Group adalah pemegang saham terbesar di CMNP. "Rencananya, IPO saham akan dilakukan dalam berbagai tahap. Kami sedang membicarakannya dengan beberapa bankir," kata dia dalam keterangan tertulisnya kepada VIVAnews.

Michael Rusli, Direktur Atlantic Aurum Inc., menambahkan, bahwa pihaknya juga sudah menggelar road show ke Hong Kong dan Singapura untuk mengetahui minat pemodal terhadap IPO saham perusahaan patungan tersebut dan tanggapan yang diperoleh cukup positif.

Namun, dia mengatakan, IPO baru ini tidak akan menyebabkan harus dilakukannya general tender offer untuk saham CMNP atau mengakibatkan terjadinya chain listing karena secara portofolio pendapatan CMNP masih jauh lebih kecil dibandingkan mendapatan konsolidasi Atlantic Aurum Inc. (eh)

 

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id