Anggaran Banjir 2013 Capai Rp6 Triliun

Banjir di pemukiman warga di Kelurahan Ulujami
Sumber :

VIVAnews - Pemerintah mengalokasikan anggaran hingga Rp6 triliun untuk mengatasi banjir di seluruh Indonesia pada 2013. Provinsi DKI Jakarta mendapatkan anggaran hingga Rp1 triliun.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, Mohammad Hasan, menjelaskan pemerintah memprioritaskan penanganan banjir di tiga wilayah, yaitu Jabodetabek, sungai Bengawan Solo dan Sungai Citarum.

Untuk wilayah DKI Jakarta, Kementerian Pekerjaan Umum akan fokus untuk menangani rawan banjir di Jakarta Utara. Jakarta Utara menjadi langganan banjir akibat penurunan permukaan tanah dan air pasang.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

"Jakarta Utara itu berada ditengah Banjir Kanal Barat dan Timur dan daerah rendah. Selain itu terjadinya penurunan tanah membuat penumpukan muara ke Jakarta Utara," katanya di Jakarta, Selasa 27 November 2012.

Sebagai antisipasi banjir, pemerintah telah menyiapkan 18 pompa air dengan kapasitas setiap pompanya mencapai 400 liter per detik. Pompa-pompa tersebut telah disiagakan di daerah-daerah rawan banjir. 

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Pemerintah juga mendapatkan bantuan dari Bank dunia khusus untuk menangani banjir di DKI Jakarta. Bantuan senilai Rp1,4 triliun itu akan cair secara bertahap sepanjang 2013-2016.

"Dana tersebut kita alokasikan melalui ditjen Sumber Daya Air, Dirjen Cipta Karya dan Pemda DKI Jakarta untuk mengatasi banjir di Jakarta Utara." (eh)

Ilustrasi tahanan diborgol

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel), berhasil menangkap 6 debt colector sadis, yang hendak mengambil mobil korban dengan cara ditabrak.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024