Ciputra: Beri 1 Persen, Kami Kembalikan 100 Persen

Pengusaha properti Ciputra.
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews - Kewirausahaan merupakan salah satu pendorong perekonomian Indonesia. Karena itu, pemerintah harus meningkatkan peran guna mendorong perkembangannya.

Pemilik Ciputra Group, Ciputra, mengungkapkan, pemerintah diminta mengalokasikan anggaran minimal satu persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk meningkatkan kapasitas dunia usaha.

"Dari anggaran APBN sekitar Rp1.600 triliun, kami minta satu persen untuk entrepreneurship, nanti akan kembali lebih dari 100 persen," ujar Ciputra di Jakara, Rabu 28 November 2012.

Dia menjelaskan, saat ini tingkat kewirausahaan di Indonesia masih tergolong sangat rendah. Hal tersebut diperparah dengan permasalahan dasar yang dialami, misalnya dari birokrasi hingga tindak korupsi yang masih terjadi.

"Sumber daya manusia kita kurang memiliki integritas, profesionalisme, dan semangat entrepreneurship," tambahnya.

Menurut dia, anggaran tersebut nantinya akan difokuskan pada pengembangan kewirausahaan, khususnya pendidikan dan pelatihan bagi para wirausahawan di Indonesia. Misalnya, dengan mendirikan lembaga-lembaga pendidikan khusus dunia usaha.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Bank Indonesia sebelumnya mengungkapkan, masyarakat yang menjadi wirausahawan sebenarnya berkembang luar biasa. Bahkan, jumlah wirausahawan baru hingga 2025 ditargetkan bertambah

Namun, Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, mengatakan, salah satu kendala dalam mengembangkan usaha di antaranya masalah perbaikan infrastruktur.

"Walaupun secara nyata kekurangan infrastruktur, tetapi kami melihat masalah yang tidak kalah penting adalah membangkitkan entrepreneurship nasional melalui pendidikan dan keterampilan," kata Darmin belum lama ini. (eh)

Munafik, Deretan Negara Arab Ini Justru Bantu Israel Hancurkan Palestina
Ilustrasi wanita/bercinta.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Jangan lakukan kesalahan atau dosa ini kalau kamu mau hubungan bercinta kamu jadi berantakan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024