Dahlan dan Jokowi Sinergi Bangun Rusun Murah

jokowi bertemu dengan dahlan iskan
Sumber :
  • Kemeneg BUMN

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, menyatakan bahwa tiga BUMN akan bersinergi untuk membangun enam menara rumah susun di tiga titik di DKI Jakarta. 

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Dahlan Iskan menjelaskan, tiga titik atau lokasi tersebut adalah Klender, Marunda, dan Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung. Setiap lokasi akan dibangun dua menara rusun.

"KBN, selain membangun rumah sakit buruh, sebelahnya akan dibangun dua tower. KBN sanggup membangun itu dengan dana sendiri, tidak usah dari dana DKI Jakarta," kata Dahlan di Jakarta, Rabu 28 November 2012.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Menurut dia, untuk membangun enam menara tersebut, ketiga BUMN tersebut akan menyiapkan dana Rp600 miliar. Tiga tempat tersebut dipilih, karena banyak rumah kumuh yang bersebelahan dengan sungai. Akibatnya, sungai tersebut tidak berfungsi karena kepadatan penduduk.

Nantinya, Dahlan menambahkan, warga di sekitar bantaran sungai akan direlokasi oleh Pemda DKI Jakarta. Setelah itu, Pemda DKI Jakarta akan menormalkan aliran sungai yang telah bersih dari penduduk.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Rencananya, keenam menara tersebut akan dibangun oleh Perum Perumnas dan PT Hutama Karya. Selanjutnya, PT Indra Karya ditunjuk sebagai konsultan yang merancang rusun tersebut.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan, akan segera mengurus perizinan pembangunan rusun tersebut. Ide ini, dia menjelaskan, sebagai langkah selanjutnya, setelah gagasan untuk membangun rusun di atas sungai ditolak pemerintah pusat.

Ia menargetkan, pertengahan Desember 2012, pembangunan keenam rusun ini sudah dapat dimulai. "Besok pagi akan saya undang direksi BUMN untuk menyelesaikan izin," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya