Lewat Ace Hardware, Kekayaan Kuncoro Tumbuh Berlipat

ACE Hardware
Sumber :

VIVAnews - Majalah bisnis terkemuka, Forbes, merilis 40 daftar orang terkaya 2012. Total kekayaan para taipan di Tanah Air itu diperkirakan mencapai US$88,6 miliar atau Rp841,7 triliun (kurs Rp9.500).

Dibandingkan tahun lalu, total kekayaan orang kaya RI tersebut naik 4 persen dari sebelumnya US$85,1 miliar. Kenaikan pundi-pundi kekayaan itu di antaranya karena faktor pertumbuhan kelas menengah.

Dengan penduduk terbanyak keempat di dunia, Indonesia sangat diuntungkan, di tengah permintaan dan harga batu bara yang melemah. Kelas menengah ikut mengontribusi peningkatan kekayaan orang terkaya Indonesia tahun ini.

Salah satu yang menikmati lonjakan kekayaan itu adalah Kuncoro Wibowo.  Roda bisnis pemegang lisensi perusahaan alat rumah tangga asal Amerika Serikat, Ace Hardware itu, kini berkembang pesat. Tidak hanya perkakas rumah tangga, melalui PT Ace Hardware Indonesia Tbk, perusahaan kini juga menjual produk mainan, furnitur, dan barang-barang lainnya.

Bahkan, harga saham Ace Hardware melonjak 90 persen tahun lalu. Kuncoro adalah salah satu dari enam taipan yang naik peringkat ke jajaran miliarder.

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU

Peringkat kekayaannya melesat tujuh tingkat dan kini berada di urutan 27. Total kekayaan Kuncoro menurut Forbes mencapai US$1,06 miliar per November 2012. Tahun lalu, Kuncoro Wibowo berada di urutan 34 dengan kekayaan hanya US$730 juta.

Sulung dari sembilan bersaudara, Kuncoro Wibowo mengambil alih bisnis Kawan Lama Sejahtera, saat ayahnya meninggal. Saat ini, usahanya berjalan dengan dibantu lima saudara kandungnya.

Anak perusahaan kelompok bisnis ini, PT Ace Hardware Indonesia Tbk, juga telah berekspansi ke sejumlah kota. Bisnisnya bergerak tidak hanya pada alat-alat rumah tangga, tetapi juga mainan, alat tulis, hingga furnitur. 

BI Pastikan Masyarakat di Lebaran 2024 Dapat Uang Baru

Selain kepemilikan saham, kekayaan orang terkaya RI itu diukur dari informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga, individu, bursa efek, analis, serta sumber lainnya. Kekayaan publik itu dihitung berdasarkan harga saham dan nilai tukar uang per 14 November 2012.

Untuk melihat daftar 40 orang kaya Indonesia 2012, silakan buka .

Mudik Lebaran 2024, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Balik Seperti Sebelum Pandemi
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024