Dorong Energi Alternatif, Rumah Dirut Pertamina Dipasangi Solar Cell

Panel surya di Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hibrid, Srandakan, Bantul
Sumber :
  • Antara/ Sigid Kurniawan

VIVAnews – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan menyatakan komitmennya untuk terus menggunakan energi alternatif nonkonvensional, dan mengurangi penggunaan energi minyak bumi yang konvensional.

Komitmen itu ia wujudkan dengan pemasangan solar cell Pertamina di kediamannya di Patra Kuningan, Jakarta. “Pemasangan solar cell ini adalah salah satu komitmen Pertamina di ulang tahunnya yang ke-55, bahwa perusahaan Pertamina adalah sobat bumi,” kata Karen usai pemasangan solar cell di rumahnya, Jakarta, Sabtu 8 Desember 2012.

Karen mengungkapkan, investasi awal pembangunan solar cell ini mencapai US$50 juta. Ke depannya, Pertamina berencana menjalin kerja sama dengan PT. Jasa Marga untuk pemasangan lampu lalu-lintas menggunakan tenaga matahari itu.

Karen menjelaskan, instalasi panel solar cell yang pertama akan dilakukan tanggal 10 Desember 2012. Solar cell itu memiliki kapasitas penyimpanan 8.000 watt, sehingga bisa digunakan sampai empat jam.

Pertamina akan menambah dana investasi solar cell sebesar US$50 ribu. “Kami lihat optikernya seperti apa. Kalau optikernya lengkap, kami akan investasi lebih dari US$50 ribu,” kata Karen.

Solar cell merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan menjanjikan di masa mendatang. Dengan menggunakan solar cell, tidak ada polusi yang dihasilkan selama proses konversi energi. Kemudahan lainnya, sumber energi solar cell otomatis tersedia berlimpah di alam, yaitu sinar matahari.

Solar cell menggunakan kombinasi papan surya (potivoltaic panels), pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga air, sistem penyimpanan energi, mesin untuk menghasilkan air, sistem energi cadangan, dan produk-produk energi yang efisien. (adi)

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024