Tips Jitu Berwirausaha

Salah satu hasil karya dari para pengrajin yang dipamerkan di JHCC beberapa hari yang lalu
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Anda ingin sukses berwirausaha? Dekan Sampoerna School of Education, Prof. Dr. Paulina Pannen mengungkapkan sejumlah tips dan prinsip dalam memulai berwirausaha.

Ekonom Senior Ingatkan Presiden Terpilih soal Perang Iran-Israel Bisa Bikin Ekonomi RI Berantakan

"Kalau jalan sendiri saja susah, ikut dulu sama orang. Bantu orang itu dan ikut rasakan orang tersebut berusaha," ujar Paulina saat ditemui dalam acara "Konferensi Pendidik Nasional 2012, Membangun Semangat Kewirausahaan dalam Kurikulum Bangsa" di Jakarta, Selasa 11 Desember 2012.

Prinsip seperti itu, menurut Paulina, adalah prinsip yang paling bagus bagi pemula yang hendak memulai usahanya. Ia mencontohkan, seorang siswa yang berjualan kue di sekolahnya.

5 Fakta Mengejutkan di Balik Kasus Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu

Awalnya, siswa itu hanya membantu ibunya berjualan. Kue-kuenya laris di sekolah dan banyak yang memesan. Dari sana, anak itu bisa mulai usahanya.

Dia meyakini bahwa magang di tempat orang adalah prinsip yang dipegang teguh pengusaha zaman dulu, sehingga mereka mencapai keberhasilannya. Itulah yang perlu dicontoh bagi pemula.

Usai Menlu Cina, Eks PM Inggris Tony Blair Datangi Istana Temui Jokowi

"Pengusaha zaman dulu, kan, kayak gitu. Nyantrik atau istilahnya magang di tempat orang. Di sana kita bisa belajar mengelola uang, menghitung untung-rugi, memelihara produk, dan melihat produk itu bagus tidak di pasaran," ujarnya.

Paulina juga menyarankan, bagi pemula yang akan memulai sebagai seorang entreprenuership, untuk berkolaborasi dengan orang lain. Sebab, dari situ, dia akan terbantu untuk usahanya. (art)

Kendaraan terjebak banjir di jalanan utama Dubai, Uni Emirat Arab (UAE), 17/4

Curah Hujan Ekstrem di Dubai Terparah dalam 75 Tahun, 18 Orang di Oman Tewas

Ini merupakan rekor curah hujan tinggi yang turun di Dubai selama 24 jam terakhir hingga jam 9 malam. Sekaligus curah hujan terbesar dalam 75 tahun terakhir

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024