Bakrieland Jual Bakrie Toll Road Senilai Rp2 Triliun

Bakrie Toll Road (Foto: Reza Putra | Cirebon)
Sumber :

VIVAnews - Presiden Direktur PT Bakrieland Development Tbk, Ambono Janurianto, mengatakan perseroan sudah menjalin kesepakatan dengan MNC Group untuk menjual PT Bakrie Toll Road.

Bakrie Toll Road mempunyai konsesi untuk lima ruas jalan tol, yaitu Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang (Jawa Tengah), Pasuruan-Probolinggo (Jawa Timur), Cimanggis-Cibitung (Jawa Barat), dan Ciawi-Sukabumi (Jawa Barat).

Ambono menjelaskan Bakrieland telah sepakat dengan MNC Infrastruktur Utama untuk akuisisi lima ruas jalan tol senilai Rp2 triliun. "Saat ini tinggal menunggu proses administrasinya saja," katanya ketika ditemui dalam acara paparan publik Bakrieland Development di Jakarta, Selasa 11 Desember 2012.

Ia menargetkan proses penjualan Bakrie Toll Road ini dapat selesai pada akhir tahun ini. Saat ini Bakrieland sedang menunggu proses pinjaman MNC Group dari sindikasi bank yang dipimpin oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk, cair.

"Kami maunya selesai tahun ini juga agar pencatatannya tidak terbawa pada 2013," katanya.

Bakrieland menyatakan seluruh aset termasuk karyawan akan menjadi tanggungan MNC Group. "Hanya ada 1-2 karyawan eksekutif yang tetap ditarik ke Bakrieland," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan Bakrieland, Feb Sunandar, menjelaskan Bakrieland akan meninggalkan bisnis jalan tol dan fokus dalam pengembangan properti. "Properti ke depan akan semakin booming, oleh karena itu kami akan melepas ruas jalan tol yang dimiliki perusahaan," katanya.

Ia menjelaskan pembangunan jalan tol cukup menghambat perkembangan pendapatan perusahaan. Untuk itu, perseroan lebih memilih untuk menjual ruas tol dan mengembangkan proyek properti. Saat ini, Bakrieland mempunyai lahan kosong seluas 14 ribu hektare di daerah Bogor, Jonggol, dan Lido yang siap dikembangkan. (eh)

Respon Han So Hee Soal Reaksi Hyeri: Memang Lucu Pacaran Setelah Putus?
Ketua Tim Pembela Demokrasi dan Keadilan (TPDK) Ganjar-Mahfud Todung Mulya Lubis

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK

Ketua Tim Hukum pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan calon Wakil Presiden Mahfud MD, Todung Mulya Lubis mengungkap alasan Risma hingga Sri Mulyani dihadiri di MK.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024