Sinergi Indonesia Incorporated dan MP3EI Majukan Ekonomi RI

Jusuf Kalla dan mendiang Sukamdani Sahid Gitosardjono beberapa waktu lampau.
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews - Pemimpin umum Bisnis Indonesia, Sukamdani Sahid Gitosardjono, menilai konsep Indonesia Incorporated dapat mendongkrak perekonomian Indonesia sehingga dapat mencapai peringkat delapan besar dunia pada 2045 mendatang.

Mantan ketua umum Kadin ini menjelaskan gagasan Indonesia incorporated telah ada sejak 1970 oleh mantan Menteri Keuangan, Sayidiman Suryo. Ide itu mencontek dari Jepang yang pada waktu itu terkenal dengan negara yang mempunyai daya saing tinggi, bahkan dibandingkan dengan Amerika.

"Di Jepang, semua elemen menyatu untuk membangun perekonomiannya, beda dengan Amerika di mana pemerintah dan pelaku bisnis berjalan sendiri-sendiri," katanya dalam seminar "Memperkuat Perekonomian Nasional Melalui Indonesia Incorporated" di Jakarta, Rabu 19 Desember 2012.

Pemilik hotel Sahid grup ini menjelaskan jika konsep Indonesia Incorporated bersinergi dengan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI), maka semua target pemerintah akan tercapai.

Target MP3EI sendiri menargetkan Indonesia mampu menjadi negara maju dengan masuk 12 besar perekonomian dunia pada 2025. Sedangkan pada 2045, perekonomian Indonesia dapat menembus 8 besar dengan PDB sebesasr US$16,6 triliun dengan pendapatan per kapita mencapai US$46.900.

Indonesia Incorporated, katanya, dapat membangun daya saing negara ini hingga semakin kuat. "Kita berharap Indonesia Incorporated bisa menyatukan pemerintah, pelaku bisnis, tokoh masyarakat, dan masyarakat untuk menciptakan kondisi perekonomian bangsa yang baik," ujarnya.

Sukamdani menyarankan pemerintah, pelaku bisnis, dan anggota legislatif memainkan peran masing-masing dalam menjalankan Indonesia Incorporated.

Gerindra Resmi Usung Jenal Mutaqin Maju Jadi Wali Kota Bogor

Peran tersebut antara lain pemerintah membuat regulasi yang tepat untuk bisnis, pelaku bisnis membina hubungan baik dengan para pekerja agar tercipta suasana bisnis yang kondusif, dan anggota legislatif untuk tidak mementingkan kekuasaan di DPR. (ibk)

Sekjen PDIP sekaigus Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud Hasto Kristiyanto

Hasto Bantah PDIP Loyo soal Hak Angket: Kami Undang Semua Pihak untuk Berani

Hasto bilang dugaan kecurangan Pemilu 2024 itu semakin kuat dari hulu ke hilir.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024