Suku Bunga di Malaysia Lebih Rendah Dibanding RI

Zeti Akhtar Aziz
Sumber :
  • biz.thestar.com.my

VIVAnews - Suku bunga acuan bank sentral Malaysia ditetapkan sebesar 3,5 persen. Angka itu jauh lebih rendah dibanding suku bunga acuan Bank Indonesia sebesar 5,75 persen.

"Karena inflasi hanya 2 persen, sehingga kami menetapkan tingkat suku bunga 3,5 persen," kata Gubernur Bank Negara Malaysia, Zeti Akhtar Aziz, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu 19 Desember 2012

Kendati demikian, Zeti mengatakan, rendahnya suku bunga itu tidak sejalan dengan pertumbuhan di negari jiran. Sebab, pertumbuhan ekonomi di Malaysia masih bergerak lambat hingga 2013, karena melambatnya laju ekspor yang tertekan krisis global.

"Kami memperkirakan tidak terlalu berbeda dengan tahun ini. Ekspor kami melambat, di sisi lain permintaan kredit dalam negeri begitu penting," ujarnya.

Seperti diketahui, Bank Indonesia kembali mempertahankan suku bunga acuan sebesar 5,75 persen. Gubernur BI, Darmin Nasution, menilai, kebijakan ini masih sejalan dengan tingkat inflasi akhir tahun yang diperkirakan berada di level 4,5 ± 1 persen. (art)

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik
Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri, Brigadir Jenderal Polisi Hariyanto

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, mengungkapkan bahwa jasad tujuh korban kebakaran Toko Frame dan Galeri di Mampang Prapatan sudah berhasil teridentifikasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024