Mari Elka Pangestu Masuk Bursa Calon Ketua WTO

Mari Elka Pangestu Kunjungi Redaksi VIVAnews
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu, dinominasikan untuk menjadi ketua Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) menggantikan Pascal Lamy yang akan selesai bertugas pada Agustus 2013.

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis 20 Desember 2012, pencalonan Mari Elka Pangestu merupakan sejarah, karena sejak 17 tahun terakhir seluruh direktur WTO adalah laki-laki.

WTO memunculkan tiga kandidat, yaitu Mari Elka Pangestu dari Indonesia, Alan Kyerematen dari Ghana, dan Anabel Gonzalez dari Kostarika.

Badan perdagangan dunia itu memunculkan nama Mari Elka Pangestu, karena anak dari ekonom Indonesia, J. Panglaykim, itu dinilai berhasil selama menjadi menteri perdagangan periode 2004-2011 .

Doktor dalam bidang perdagangan internasional, keuangan, dan ekonomi moneter dari Universitas California itu dikenal aktif dan menyumbang berbagai pemikiran dalam berbagai pertemuan ekonomi internasional.

Berbagai aktivitasnya membuat Mari Elka dihormati dalam WTO dan forum internasional seperti G-20. Pencalonan ekonom CSIS ini menjadi kejutan bagi para diplomat perdagangan di dalam WTO, karena nama Mari Elka sebelumnya tidak pernah dimunculkan sekalipun dalam bursa calon ketua.

Para kandidat akan mulai mempresentasikan visi misinya pada akhir Januari dan para kandidat akan dipilih secara konsensus oleh para anggota WTO pada 31 Mei 2013. (art)

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban
Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024