BISNIS

Pemerintah Kebut Proyek Jalan Tol Trans Sumatera

Jalur yang dibangun sepanjang 2.700 km.
Rabu, 26 Desember 2012
Oleh : Sandy Adam Mahaputra, Alfin Tofler
Ilustrasi jalan tol

VIVAnews - Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, mengungkapkan hingga saat ini pihaknya telah menyelesaikan trase atau jalur yang akan dilalui oleh jalan tol trans Sumatera sepanjang 2.700 kilometer.

"Trase untuk jalur sepanjang 2.700 kilometer telah kita selesaikan dari rencana 3.200 kilometer keseluruhan tol trans Sumatera,” ujarnya kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa 25 Desember 2012.

Hermanto mengungkapkan studi mengenai trase ini nantinya akan melalui seluruh kota besar di Sumatera mulai dari dari Bangkahuni, menuju Palembang, Medan hingga di Banda Aceh.

Selain itu, nantinya akan dibuatkan feeder mendatar untuk jaringan utama dari pekanbaru ke Padang, lalu dari Sibolga menuju ke Bengkulu.

Menurutnya ini akan menjadi jaringan utama. Namun untuk saat ini pemerintah akan memprioritaskan pembangunan ruas-ruas tertentu saja yang dinilai lebih layak secara finansial.

"Kita prioritaskan yang layak secara finansial sehingga bisa mengajak swasta untuk bekerjasama," jelasnya.

Tol itu akan menggunakan public private partnership atau kerjasama pemerintah dan swasta. Pihak swasta akan diberikan hak untuk membangun dan mengelola dalam waktu beberapa tahun sebelum pada akhirnya dikembalikan lagi pada pemerintah.

Salah satu ruas yang diprioritaskan oleh kementerian adalah ruas Medan-Pekanbaru. Perencanaan trase ini hanya masih dilakukan secara umum. Sedangkan untuk rute secara detail akan dicari setelah proyek tol tersebut akan dijalankan. (umi)

TERKAIT
TERPOPULER