Menkeu: Ancaman Jurang Fiskal AS Belum Terlewati

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengungkapkan ancaman dampak krisis dari jurang fiskal yang terjadi di Amerika Serikat belum terlewati. Sebab, keputusan lanjutan dari pemerintah dan kongres AS  masih menjadi perhatian khusus  pemerintah Indonesia. 

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

"Karena banyak yang disetujui bersama dengan kongres itu sifatnya penundaan dan tentu hal ini mesti diwaspadai," ujar Agus di kantornya, Jakarta, Kamis 3 Januari 2013.

Namun, Agus mengaku bahwa kesepakatan antara pemerintah dan DPR AS yang akan mengeluarkan UU baru memang membawa dampak positif pada perekonomian di dunia, khususnya di pasar keuangan.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Tetapi hal tersebut hanya bersifat tidak memperparah krisis ekonomi dunia yang saat ini juga belum menunjukkan perbaikan.  

Dampak dari krisis tersebut, kata Agus, sudah menjalar ke ekonomi Indonesia saat ini. Di antaranya, penurunan harga komoditas internasional, jelas sangat berdampak pada kinerja ekonomi pada akhir tahun lalu. 

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Sebab itu, pada 2013, dirinya berharap seluruh jajaran pemerintah fokus pada inisiatif-inisiatif untuk menumbuhkan ekonomi Indonesia. Misalnya, pengembangan infrastruktur guna memperkuat pasar domestik, juga sebagai daya tarik investasi ke depannya.

"Yang kami maksud infrastruktur, tentu infrastruktur dalam arti luas sehingga meliputi juga masalah energi dan masalah pendukung lainnya," tuturnya. (umi)

Ilustrasi Gedung KPK.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

KPK mengingatkan tingaal tiga hari lagi tenggat waktu bagi pejabat negara, termasuk menteri untuk melaporkan LHKPN.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024