Jokowi Setuju 6 Jalan Tol Layang Dibangun di Jakarta

Pembangunan Jalan Layang Tol
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, akhirnya menyetujui rencana pembangunan enam ruas jalan tol layang yang selama ini menjadi polemik dan dan pembahasan. Sebelumnya, mantan walikota Solo ini tidak menyetujui ataupun menolak pembangunan jalan tol ini, karena belum mendapatkan penjelasan detail.

Jokowi --sapaan Joko Widodo-- menyetujui pembangunan jalan tol yang salah satu lajurnya akan digunakan untuk busway ini dengan beberapa persyaratan.

"Pembangunan jalan ini harus juga memikirkan transportasi umum dan bisa masuk bus Transjakarta," ujar Jokowi dalam jumpa pers di Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Rabu 9 Januari 2013.

Jokowi menyadari bahwa ruas jalan di Jakarta memang kurang, yaitu hanya 6 persen dari keseluruhan total wilayah. Bukan hanya itu, Jokowi mengatakan transportasi publik di Jakarta juga kurang.

"Jadi, kita memang kurang jalan dan transportasi umum," katanya.

Dia setuju setelah mendengar penjelasan Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto Dardak, mengenai sistem enam ruas jalan tol yang akan dibangun oleh konsorsium PT Jakarta Toll Road ini.

Senada dengan Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, mengatakan, untuk mengatasi kemacetan di Jakarta tidak bisa dilakukan hanya dengan membangun jalan. "Tapi, juga dengan mengembangkan transportasi massal," ujarnya.

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Ahmad Gani Ghazali, memperkirakan, keenam ruas tol itu selesai dibangun pada 2022. Pembangunannya akan dibagi empat tahap.

Tahap pertama, ruas Semanan-Sunter sepanjang 17,88 kilometer dengan nilai investasi Rp9,76 triliun dan Koridor Sunter-Bekasi Raya sepanjang 11 kilometer senilai Rp7,37 triliun.

Kedua, Duri Pulo-Kampung Melayu sepanjang 11,38 kilometer dengan nilai investasi Rp5,96 triliun dan Kemayoran-Kampung Melayu sepanjang 9,65 kilometer senilai Rp6,95 triliun.

Ketiga, koridor Ulujami-Tanah Abang dengan panjang 8,27 kilometer dan nilai investasi Rp4,25 triliun. Keempat, pembangunan ruas jalan tol Pasar Minggu-Casablanca sepanjang 9,56 kilometer dengan investasi Rp5,71 triliun.

Nantinya, setelah selesai, keenam ruas tol itu akan menyatu dengan tol lingkar luar milik PT Jasa Marga Tbk. Namun, tarifnya akan terpisah dengan tol lingkar luar.

Hotman Paris Tantang Rocky Gerung Debat Hukum, Bukan Filsafat Kho Ping Hoo
Real Madrid vs Manchester City

5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Real Madrid di Liga Champions

Manchester City akan menjamu Real Madrid dalam babak Perempat Final Liga Champions leg kedua di Stadion Etihad pada Kamis dini hari nanti, 18 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024