Empat Cara Pemerintah Atasi Flu Burung

Mengantisipasi Pandemi Flu Burung
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah mempunyai empat cara cepat untuk menanggulangi penyebaran virus flu burung. Pemerintah juga berencana untuk mengganti setiap unggas yang dimusnahkan akibat tertular flu burung.

"Empat langkah tersebut adalah biosecurity, depopulasi, vaksinasi, dan pengaturan lalu lintas migrasi unggas," ujar Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan di kantor Menteri Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis 10 Januari 2013.

Rusman menjelaskan, biosecurity adalah upaya pembersihan kandang unggas dengan disinfektan, agar steril dari virus flu burung.

Langkah kedua adalah depopulasi. Pemerintah akan memusnahkan unggas-unggas yang terkontaminasi virus ini dengan cara dibakar. Untuk mencegah kerugian bagi peternak kecil, pemerintah berencana untuk menghargai jumlah unggas yang mati.

"Pemerintah sedang mengajukan anggaran sebesar Rp220 miliar untuk membayar ganti rugi kepada para peternak yang unggasnya mati. Kami berencana memberikan ganti rugi berupa anak itik supaya bisa dikembangkan," kata mantan kepala Badan Pusat Statistik ini.

Langkah ketiga adalah vaksinasi. Pemerintah menggandeng swasta untuk memproduksi vaksin flu burung. Pemerintah saat ini membutuhkan 25 juta vaksin dan jumlah unggas di Indonesia mencapai 47 juta ekor.

Pemerintah juga akan merekomendasikan dan menunjuk langsung perusahaan yang meriset serta memproduksi vaksin flu burung. Rusman berharap, produsen vaksin yang ditunjuk pemerintah merupakan Badan Usaha Milik Negara.

"Anggaran yang dikeluarkan untuk melakukan riset vaksin ini sebesar Rp200 miliar," katanya.

Langkah terakhir adalah pengaturan lalu lintas migrasi. Rusman mengakui, langkah terakhir sulit, karena banyak burung liar bermigrasi dengan melintasi Indonesia. Pemerintah juga sudah melakukan pengawasan untuk perdagangan antarpulau. (art)

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024