Ratusan Perusahaan Boleh Tangguhkan Kenaikan Upah Buruh

Ribuan Buruh Berdemo di Balaikota
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Pemerintah menyetujui permohonan 908 perusahaan di Indonesia yang meminta penangguhan kenaikan upah minimum provinsi (UMP). Pemerintah beralasan, telah ada kesepakatan antara pengusaha dan buruh.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar, mengatakan, penangguhan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mencapai penciptaan lapangan kerja 1 juta orang pada tahun ini.

"Alasan kedua tidak boleh ada PHK, supaya penambahan angkatan kerja tidak diikuti pengurangan tenaga kerja," ujar Muhaimin di Jakarta, Kamis 10 Januari 2013.

Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menegaskan, para pengusaha diminta untuk transparan terkait laporan keuangan perusahaan kepada buruh. Transparansi dibutuhkan agar penangguhan kenaikan upah ini dapat dipahami dan menjadi solusi bersama.

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar, menyatakan, penangguhan ini hanya berlaku selama setahun. Pada 2014, perusahaan wajib menaikkan upah buruh sesuai aturan yang berlaku. (art)

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Kabar kandasnya hubungan asmara Nikita Mirzani dengan Rizky Irmansyah masih jadi sorotan publik. Pasalnya, Nikita Mirzani yang beberapa tahun belakangan ini diam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024