Realisasi Investasi Cetak Rekor, Hatta Tak Puas

Menko Perekonomian Hatta Rajasa bersama Menteri Pertanian Suswono
Sumber :
  • ANTARA

VIVAnews - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa, menyambut baik realisasi investasi selama 2012. Namun, pencapaian itu tak lantas membuat pemerintah puas.

Pernah Anulir Vonis Mati Sambo, Kabar Majunya Suharto jadi Wakil Ketua MA Dikritisi

sepanjang tahun lalu mencapai Rp313,2 triliun, atau 110,5 persen dari target 2012 sebesar Rp283,5 triliun.

Dengan pencapaian itu, Hatta semakin optimistis investasi pada tahun ini dapat diandalkan menutupi defisit transaksi berjalan. Selain itu, dapat menekan penurunan neraca perdagangan Indonesia yang terkena dampak krisis ekonomi global.

"Kami pun optimistis 2013 membaik. Asalkan rajin menjaga iklim investasi dan cermat mengendalikan impor," ujar Hatta di kantornya, Jakarta, Selasa 22 Januari 2013.

Hatta mengatakan, perolehan ini juga membuktikan survei beberapa lembaga dunia terkait derasnya investasi di Indonesia bukan perkiraan semata. Dia pun optimistis target investasi pada tahun ini akan tercapai.

"Pada 2013, target investasi dalam APBN sebesar Rp390 triliun. Saya optimistis tahun ini investasi akan meningkat dibanding 2012," ujarnya.

Pemerintah, menurut dia, juga tidak pernah akan puas dengan pencapaian investasi itu. Segala upaya dilakukan guna mendorong iklim investasi lebih baik.

"Namanya kerja jangan ada puas. Kalau puas, seakan-akan kita tidak mau meningkatkan. Masih banyak peluang untuk meningkatkan investasi," tuturnya.

Ilustrasi mata uang Jepang

Yen Amblas ke Level Terendah dalam 34 Tahun, Menkeu Jepang Bakal Ambil Tindakan

Menteri Keuangan Jepang, Shunichi Suzuki menyatakan, akan mengambil tindakan yang tepat terhadap pergerakan pasar mata uang yang berlebihan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024