ESDM Ajak Pengusaha Taksi Konversi BBM ke Gas

Converter Kit BBG
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menggandeng perusahaan-perusahaan taksi untuk menyukseskan konversi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi ke bahan bakar gas (BBG). Pada tahun ini, di setiap pangkalan taksi akan dibangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG).

Menteri ESDM, Jero Wacik, mengungkapkan, kementeriannya telah bertemu dengan para pengusaha taksi yang ada di Jabodetabek untuk dapat merealisasikan rencana tersebut. Sarana dan prasarana pengisian gas akan sepenuhnya disediakan Kementerian ESDM.

"Jadi, nanti taksi keluar dari pool-nya itu sudah penuh dengan gas. Mereka siapkan tangki dan gudangnya, kami drop di situ dan nanti semua taksi sudah dikonversi ke gas," ujar Jero di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 23 Januari 2013.

Guna pemasangan converter kit di taksi, Kementerian ESDM telah bekerja sama dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) agar dapat menggunakan bengkel-bengkel yang dimilikinya untuk memasang alat tersebut.

"Dulu kan rencananya bikin bengkel sendiri, nah, itu tidak mudah. Tapi, kalau Gaikindo yang punya bengkel, itu bisa dilakukan," ungkapnya.

Terkait anggaran, menurut Jero, masih dalam proses perundingan dengan pengusaha taksi. "Apakah akan sepenuhnya ditanggung pemerintah atau pembiayaan dari swasta juga diperlukan," tuturnya. (umi)

Jamaika Akhirnya Akui Palestina Sebagai Negara, Peringatkan Israel Tarik Pasukan Militer
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024