Jero Wacik: Walikota Jangan Persulit Investor Listrik Sampah

Menteri ESDM Jero Wacik tinjau PLTP Kamojang Garut
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro

VIVAnews - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, menghimbau para walikota agar tidak mempersulit investor yang akan mengolah sampah sebagai sumber listrik.

"Kalau ada pihak yang mau membuat pembangkit listrik memakai sampah, dipermudahlah," kata Jero Wacik usai Sidang Anggota Ke-9 Dewan Energi Nasional di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Selasa 28 Januari 2013.

Wacik menjelaskan, sampah adalah salah satu energi biomassa yang tengah dikembangkan Kementerian ESDM untuk meningkatkan penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT). Selain sampah, pemerintah juga tengah mengupayakan cangkang kelapa sawit dan tebu untuk diolah menjadi bahan pembangkit listrik.

Dia memaparkan, salah satu penghasil sampah terbesar adalah wilayah perkotaan. Selain itu, sampah telah menjelma menjadi salah satu masalah klasik kota. Tentunya, jika izin pembangkit listrik tenaga sampah ini dipermudah walikota, akan banyak investor yang berlomba-lomba untuk mengolah sampah menjadi listrik.

"Hal itu tentu akan membuat suatu kota menjadi bersih, di samping mendapat listrik," kata politikus asal Partai Demokrat ini.

Menteri kelahiran Bali itu berpesan, supaya para walikota tidak memungut biaya operasional, bahkan pungutan liar yang dapat menyulitkan investor. "Jangan ada fee-lah," katanya. (asp)

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10
[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub]

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat kembali membuka pendaftaran mudik gratis moda bus sebanyak 10 ribu orang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024